Peluang Indonesia ke Semifinal Makin Kecil -->

Advertisement

Peluang Indonesia ke Semifinal Makin Kecil

Minggu, 18 November 2018

Pemain Timnas Indonesia Riko Simanjuntak (kanan) berebut bola dengan Pemain Thailand Tanaboon Kesarat (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 4-2. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
JCS - Kalah dua kali di fase grup Piala AFF 2018 membuat peluang Indonesia ke semifinal makin kecil. Sebab, Indonesia baru mengumpulkan tiga poin dari tiga laga dan hanya menyisakan satu laga kandang kontra Filipina pekan depan.

Indonesia di posisi keempat, di bawah Singapura (3 poin) dan Filipina (6 poin). Filipina sendiri menang 3-2 atas Timor Leste dan baru bermain dua kali. Sementara, Thailand kukuh di posisi pertama dengan enam poin dari dua laga.

Pada laga ketiga Indonesia di Grup B yang dihelat di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) malam WIB justru dikalahkan Thailand 4-2. Meski Indonesia sempat unggul duluan. 

Indonesia melakukan beberapa perubahan termasuk memainkan Awan Setho di bawah mistar, lalu Riko Simanjuntak sebagai starter, dan mengembalikan Stefano Lilipaly serta Zulfiandi ke starting XI.

Perubahan itu membawa angin segar untuk Indonesia ketika mereka mampu meredam Thailand dan bahkan unggul duluan di menit ke-29 lewat gol Zulfiandi. Tapi, Thailand dengan mudahnya menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat Korrakot Wiriya-Udomsiri.

Thailand berbalik unggul pada pengujung babak pertama lewat gol Pansa Hembivoon. Pada babak kedua, Indonesia semakin tertinggal usai Thailand mencetak dua gol beruntun lewat Adisak Kraisorn di menit ke-65 dan pemain pengganti Pokkhao Anan di menit ke-74.

Indonesia cuma bisa memperkecil skor lewat Fachrudin Aryanto di menit ke-89. Skor 4-2 bertahan untuk kemenangan tuan rumah. (rus/net)