Kepolisian Indonesia dan Kepolisian Ukraina Menjalin Kerja Sama di Bidang Siber -->

Advertisement

Kepolisian Indonesia dan Kepolisian Ukraina Menjalin Kerja Sama di Bidang Siber

Kamis, 22 November 2018

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian dan Kepala Kepolisian Ukraina Serhii Kniaziev sepakat memperkuat kerja sama saat Sidang Umum Interpol 2018 di Dubai, Uni Emirat Arab. Dok: Humas Polri
JCS - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) semakin melebarkan sayapnya. Kerja sama antar negara terus ditingkatkan. Kali ini, kerja sama terjalin antara Polri dengan Kepolisian Ukraina dalam bidang siber. 

Informasi JCS, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan pembicaraan tentang hal ini dengan Kepala Kepolisian Ukraina Serhii Kniaziev di sela-sela Sidang Umum Interpol Tahun 2018 di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (20/11/2018).

"Kami telah sepakati peningkatan kerja sama bidang keamanan siber oleh institusi kepolisian kedua negara," ujar Tito melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/11).

Menurut Tito, Kepolisian Ukraina memiliki pengalaman dan reputasi yang sangat baik dalam menghadapi kejahatan siber. Selain itu juga memiliki teknologi mutakhir dan diawali personel-personel yang telah dilatih dengan baik.

Untuk itu, mereka merencanakan penandatanganan nota kesepahaman pada awal 2019 mendatang. "Kerja sama akan diwujudkan dengan tukar menukar informasi dan berbagi pengalaman terbaik dalam dunia siber," tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Tito berharap dengan kerja sama itu, bisa menambah kemampuan personel Polri dalam bidang siber. Kerja sama di bidang keamanan siber dengan Ukraina akan semakin memperkuat dan meningkatkan kesiapan Polri dalam menghadapi berbagai potensi serangan siber di tanah air.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri didampingi Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Pol H. S. Maltha serta Sekretaris NCB-Interpol Indonesia Brigjen Pol Napoleon Bonaparte. Sedangkan, Kepala Kepolisian Ukraina didampingi oleh Kepala NCB-INTERPOL Ukraine Vasyl Nevolia. sa/rus