Jersey Made In Indonesia Tak Kalah Mentereng di Luar Negeri -->

Advertisement

Jersey Made In Indonesia Tak Kalah Mentereng di Luar Negeri

Jumat, 09 November 2018

Gagahnya jersey made in Indonesia. (Net)
Sebelum perhelatan Piala AFF 2018 digelar, seluruh peserta tim ramai merilis jersey anyar mereka. Media olahraga Fox Sport Asia bahkan merilis daftar harga masing-masing jersey tim dari yang termurah sampai yang termahal.

Di tengah-tengah pemberitaan soal jersey anyar, ramai pembicaraan mengenai jersey Malaysia yang dibuat di Indonesia. Disponsori apparel asal Amerika Serikat, Nike, jersey Timnas Malaysia yang mangusung warna kuning diketahui dibuat di Indonesia. 

Sebuah akun Instagram suporter Malaysia, @malayantiger.my, mengunggah foto jersey Timnas Malaysia warna kuning dengan tulisan “Made In Indonesia”.

Di samping jersey apparel asing yang dibuat di Indonesia (made in Indonesia), ternyata cukup banyak pula apparel lokal yang dipakai di luar negeri. 

Tim-tim luar negeri mana saja yang pernah memakai apparel jersey asal Indonesia?

Salah satu apparel lokal Indonesia yang bermarkas di Bogor, MBB Apparel saat ini tengah melebarkan sayapnya ke pasar Eropa, setelah sebelumnya berhasil merambah kawasan Asia dan Timur Tengah.

Di kawasan Asia serta Timur Tengah, ada sejumlah klub yang memakai MBB Apparel, yaitu  Al Ittihad Aleppo (Suriah), Al-Karamah (Suriah), Al-Jazeera (Jordan), Victory SC (Maldives), dan Hanimaadhoo (Maldives).

Sementara di Eropa sejauh ini baru Hapt (Rusia) dan akademi olahraga Orebro di Swedia yang menjalin kerja sama. 

Kerja sama antara klub top kawasan Asia dan Timur Tengah tersebut tak terlepas dari peran Marwan Sayedeh sebagai jembatan penghubung apparel lokal ini dengan sejumlah klub di Suriah. Setelahnya, banyak permintaan kerja sama yang datang dari penjuru dunia.

Fathony Syaukat, Art Director dari MBB Apparel pun mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini mereka tengah menjajaki kerja sama dengan sejumlah klub di liga Eropa.

"Kami sedang melakukan pendekatan dengan 5 hingga 7 klub lain di luar negeri. Klub-klub tersebut saat ini tengah berlaga di liga Eropa," ujar Fathony seperti dilansir Indosport. 

2. Timnas Liberia hingga Trengganu FA

Timnas Liberia pernah menggunakan jersey buatan produk asal Jakarta, SPECS. Klub asal Malaysia, Terengganu FA, juga pernah memakai jersey buatan SPECS selama 3 tahun, tepatnya pada 2010-2013 lalu.

Mereka kemudian beralih menggunakan produk lain dari Inggris. Mereka juga sempat menggunakan jersey buatan Malaysia sendiri.

3. Timnas Inggris

Jangan terkaget-kaget. Timnas Inggris memang masih menggunakan apparel milik Nike.
Namun, yang membuat jersey tersebut merupakan salah satu perusahaan garmen ternama yakni PT Grand Best Indonesia.

Sama dengan jersey Timnas Malaysia, untuk mengetahui jersey tersebut buatan Indonesia bisa dilihat di bagian dalam ukuran jersey. Di situ terpampang tulisan made in Indonesia, yang berartikan buatan Indonesia. (tas/rus/net).