Ini Program Mantap BES Cianjur -->

Advertisement

Ini Program Mantap BES Cianjur

Minggu, 25 November 2018

Baraya Eka Sastra (BES) Cianjur. (Radar Cianjur)
JCS – Ini terobosan bagus dari Baraya Eka Sastra (BES) Cianjur. Pasalnya, BES ini telah membuktikan kepduliannya terhadap dunia pendidikan. Bayangkan, BES berani memberikan beasiswa kepada sejumlah pelajar berprestasi dari Cianjur untuk kuliah di Chien Hsin University, Taiwan.

Informasi JCS, total kuota beasiswa yang tersedia hingga 30 November sebanyak 1.000 pelajar dan terbagi menjadi tiga gelombang. Menurut Ketua BES Cianjur, Firman Mulyadi, gelombang pertama sudah diberangkatkan tiga bulan lalu dengan total 100 pelajar. "Semua biaya ditanggung BES mulai dari beasiswa hingga akomodasi," kata Firman Mulyadi, Sabtu (24/11/2018).

Gelombang kedua yang akan diberangkatkan sebanyak 440 pelajar. Mereka diberangkatkan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi ternama di Taiwan. Sedangkan gelombang terakhir, BES akan memberangkatkan 460 pelajar asal Kabupaten Cianjur.

“Tahun kemarin Pak Eka Sastra mengadakan studi banding bersama 10 Kepala Desa ke Taiwan. Selain studi banding, Bang Eka juga melakukan komunikasi lanjutan bersama pihak Chien Hsin University," ujarnya. 

"Kabar gembiranya, setiap tahun Pak Eka dipercaya untuk memberikan kuota 1.000 beasiswa bagi pelajar berprestasi di Kabupaten Cianjur. Ini kabar gembira bagi dunia pendidikan di Kabupaten Cianjur,” tambahnya.

Firman menyebutkan, selama beberapa hari kemarin, ia bersama Eka Sastra melakukan kunjungan kembali ke Taiwan untuk memastikan kondisi para pelajar yang sudah diberangkatkan menimba ilmu ke Taiwan. Para pelajar yang diberangkatkan rata-rata berusia 20 tahun. 

Mereka, sambung Firman tidak hanya mendapatkan fasilitas beasiswa saja tapi misalnya para pelajar Cianjur yang sudah tiga bulan kuliah di sana dapat pekerjaan (bekerja paruh waktu) di perusahaan manufacturing. “Ibaratnya sambil menyelam, minum air," imbuhnya. 

Perumpaan itu, menurut Firman memang cocok karena para pelajar disana banyak yang kuliah sambil bekerja, part time (paruh waktu,red). "Gajinya fantastis kalau mau dibandingkan dengan di Indonesia. Bisa mencapai 15 juta sebulan," paparnya," ungkapnya.

Salah satu mahasiswa Chien Hsin University Fakultas Electro, Dandi Septian mengaku mengucapkan terima kasih atas beasiswa yang telah difasilitasi oleh Eka Sastra. 

Masih kata dia, memang pada awalnya sempat kurang yakin atas publikasi di media sosial Eka Sastra yang menjelaskan ada 1.000 beasiswa bagi pelajar berprestasi, nyatanya betul lulus ujian langsung berangkat ke Taiwan. "Saya bersyukur karena mimpi ini jadi kenyataan," ucapnya. (tas).