Indonesia Gagal Memetik Kemenangan pada Pertandingan Terakhir di Piala AFF 2018 -->

Advertisement

Indonesia Gagal Memetik Kemenangan pada Pertandingan Terakhir di Piala AFF 2018

Senin, 26 November 2018


Perjuangan timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018, gagal. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye)
JCS - Pada laga terakhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Timnas Indonesia gagal mengalahkan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu malam (25/11/2018).

Duel antara tim Tanah Air vs Filipina berakhir imbang tanpa gol. Hasil itu mengantarkan Filipina ke semifinal dengan status runner-up grup, karena pada pertandingan Thailand mengalahkan Singapura 3-0. Itu pengaruh terhdap nasib Indonesia.

Dalam laga ini, pelatih Bima Sakti menurunkan skuat terbaik menjamu tim besutan Sven-Goran Eriksson. Andritany kembali mengawal gawang Indonesia setelah pada laga sebelumnya diganti Awan Setho.

Lini belakang Indonesia mengandalkan kuarter Putu Gede, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Hansamu Yama, dan Rizky Pora. Evan Dimas masih berduet dengan Zulfiandi di lini tengah, ditopang Riko Simanjuntak dan Andik Vermansah. Sementara Stefano Lilipaly berada di belakang Alberto Goncalves.

Pada babak pertama, Indonesia masih kesulitan menembus gawang Filipina, meski menciptakan beberapa peluang pada babak pertama. Duel berjalan sengit dan kedua tim saling menyerang. 

Indonesia yang mengandalkan serangan cepat dari sisi sayap Andik Vermansah dan Riko Simanjuntak, selalu gagal. Menjelang babak pertama berakhir, Indonesia terus menekan tapi masih belum berhasil menciptakan gol.

Di babak kedua, Indonesia tampak bermain cukup baik. Serangan demi serangan dibangun dari kaki ke kaki mampu menciptakan beberapa peluang. Namun, Filipina juga mengancam dan beberapa kali hampir terjadi kemelut di depan gawang Andritany.

Memasuki menit ke-71, duel masih berjalan alot. Indonesia menurunkan tenaga baru, Irfan Jaya, menggantikan Andik Vermansah. Irfan langsung memberikan ancaman kepada Filipina. Namun, lini belakang Filipina yang tampil disiplin dengan mudah mematahkan pergerakan pemain Persebaya itu.

Pada menit ke-80, Bima Sakti memasukkan Dedik Setiawan menggantikan Alberto Goncalves. Indonesia terus menggempur pertahanan Filipina menjelang laga berakhir. Namun, hingga babak kedua tuntas, skor 0-0 tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Filipina mendampingi Thailand ke semifinal Piala AFF 2018. Pada laga lain, Thailand mengalahkan Singapura 3-0.

 Thailand mengoleksi 10 poin dan lolos sebagai juara grup. Sementara Filipina dengan delapan poin menjadi runner-up. Singapura di posisi ketiga dengan enam poin dan Timnas Indonesia di peringkat keempat dengan empat poin.

Susunan pemain:

Timnas Indonesia: Andritany (kiper); Putu Gede, Fachrudin, Hansamu Yama, Rizky Pora (belakang); Evan Dimas, Zulfiandi, Riko Simanjuntak, Andik vermansah (tengah); Stefano Lilipaly, Beto

Timnas Filipina: Falkesgaard; Carlos Alberto, Daisuke Sato, Alvaro Silva, Markus Pineda; Schrock, Gelito, Strauss; Bedic, Patrick, Younghusband. (rus)