Hasil Persipura Jayapura vs PSMS Medan Skor 3-1 -->

Advertisement

Hasil Persipura Jayapura vs PSMS Medan Skor 3-1

Sabtu, 24 November 2018

Selebrasi pemain Persipura
JCS - Hasil pertandingan antara Persipura Jayapura vs PSMS Medan dalam laga pekan ke-32 Liga 1 Indonesia ditutup dengan skor 3-1 di Stadion Mandala pada Sabtu (24/11/2018) siang WIB.

Babak pertama pertandingan ini berjalan monoton. Kedua tim termasuk Persipura Jayapura yang menjadi tuan rumah, tak berhasil berikan ancaman berarti dalam upayanya mencetak gol ke gawang PSMS Medan.

Tim tamu PSMS Medan yang merupakan tim promosi, tampak lebih termotivasi untuk menang di laga ini. Melalui Frets Butuan, pemain yang kerap mengancam Persipura, PSMS coba beberapa mengancam tim Mutiara Hitam. 

Namun hingga 45 menit pertama berakhir, tak ada ancaman berarti yang berhasil dilancarkan kedua tim, hingga laga di babak awal ditutup dengan skor imbang 0-0.

Persipura akhirnya berhasil memimpin di babak kedua lewat gol Hilton Moreira di menit 48, yang digandakan Boaz Salossa di menit 52. Namun PSMS berhasil memperkecil kekalahan mereka tepat di menit 65, saat Shohei Matsunaga sarangkan golnya dari titik putih.

Tim Ayam Kinantan akhirnya harus bertekuk lutut dan menutup laga dengan kekalahan 1-3 dari tuan rumah Persipura Jayapura, setelah Hilton Moreira menambah koleksi gol tim Mutiara Hitam di menit 83 menjadi 3-1.

Berkat kemenangan 3-1 ini, Persipura kini naik ke posisi tujuh dengan koleksi poin 44. Sedangkan PSMS tetap tenggelam di posisi juru kunci dengan hanya kantongi poin 34.

Tuan rumah Persipura Jayapura coba menggebrak di awal laga, meski sayangnya upaya yang dibangun Boaz Salossa harus terhenti akibat terjebak offside.

Satu menit berselang di awal laga, PSMS Medan mendapat peluang tendangan bebas saat Frets Butuan diganjal Pae di luar kotak penalti. Namun, bola yang coba diceploskan Shohei Matsunaga berhasil ditepis kiper Persipura, Panggih, dan dihalau para pemain belakang Persipura.

Memasuki menit ke enam, giliran Friska Womsiwor yang coba mengancam wilayah pertahanan PSMS. Tapi upaya itu bisa dibendung anak-anak Ayam Kinantan dan hanya hasilkan sepak pojok untuk tuan rumah.

Sebelas menit pertandingan berlangsung, bola lebih banyak bergulir di lini tengah dan belum ada peluang bagus yang tercipta untuk kedua tim.

Tak dikira aksi tendangan jarak jauh Hilton Moreira nyaris membuat Persipura memimpin di menit 17. Namun, tembakan pemain asal Brasil berusia 37 tahun itu masih belum tepat sasaran. Kedudukan kedua tim tetap imbang 0-0.

Memasuki menit 23, Frets Butuan kembali lancarkan aksinya yang membuat para pemain Persipura cukup kerepotan. Frets berhasil sodorkan umpan tarik dari lini serang. Sayangnya, umpan ini tak dimanfaatkan dengan baik oleh rekan-rekan satu timnya.

Saat pertandingan mulai memasuki menit ke-34, PSMS mulai lebih berani keluar dan lancarkan manuver serangannya. Persipura pun mulai terancam dengan aksi-aksi tamunya tersebut. Namun tak ada ancaman berarti yang dilancarkan tuan rumah, Persipura, maupun tim promosi PSMS Medan yang jadi tamu dalam laga ini. 

Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata 0-0. Beberapa menit di awal babak kedua, Boaz Salossa nyaris menjebol gawang PSMS Medan dengan aksi cerdiknya. Namun, PSMS beruntung diselamatkan oleh tiang gawang, hingga Boaz hanya bisa melihat bola kembali menjauhi mulut gawang lawan.

Hilton Moreira akhirnya berhasil pecahkan kebuntuan dalam laga ini, setelah tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti berhasil menjebol gawang PSMS di menit 49. 

Boaz Salossa berhasil memanfaatkan kecepatan pemain muda Gunansar Wandower yang menggiring bola dari tengah lapangan dan sodorkan umpan matangnya ke depan mulut gawang PSMS. 

Sontekan Boaz pun bersarang di gawang Ayam Kinantan, menambah keunggulan Persipura menjadi 2-0 di menit 52. Tiga menit berikutnya, giliran Reinaldo Lobo yang nyaris membuat PSMS memperkecil ketertinggalan mereka. 

Lewat posisi set-piece Lobo coba menyundul bola di depan mulut gawang Persipura, namun ia gagal menyambar bola.

PSMS mendapat peluang mencetak gol lewat aksi berbahaya Frets Butuan yang memburu umpan terobosan di kotak penalti Persipura. Namun, kiper Panggih Prio dengan cepat keluar dari mulut gawangnya dan membuang peluang lawan.

Tim tamu PSMS akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan mereka setelah Shohei Matsunaga menceploskan tendangan penaltinya ke gawang Panggih Prio tepat di menit 65.

Wasit langsung menunjuk titik putih setelah Marcio Nascimento dinilai lakukan pelanggaran terhadap Erwin Ramdani saat keduanya berduel di udara di depan gawang tuan rumah. 

Memasuki menit ke-73, PSMS terus tingkatkan tempo permainan mereka, walau tetap minim peluang gol. Ian Kabes yang baru bermain di babak kedua hampir mencetak gol ke tiga Persipura, saat ia lancarkan tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti. 

Sayang, tembakan Kabes masih melebar dari sasaran. Persipura tetap unggul 2-1. Lantas kerja sama apik antara Hilton Moreira dan Boaz Salossa berhasil mengecoh kiper PSMS dan para pemain belakang mereka, hingga akhirnya Persipura memimpin lagi, 3-1, di menit 83. 

Gol ke-3 Persipura dibukukan Hilton lewat umpan Boaz Salossa. Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda laga telah berakhir. Hasil pertandingan Persipura Jayapura vs PSMS Medan akhirnya ditutup dengan skor akhir 3-1.

Susunan pemain:

Persipura Jayapura: Panggih Prio, Yustinus Pae, Marcio Nascimento, Yohanis Tjoe, VD Telaubun, Gunansar Mandower, M Tahir, Imanuel Wanggai, Frisca Elisa Womsiwor, Boaz Solossa, Hilton Moreira. Cadangan: Dede Sulaeman, Boas A, Elisa Basna, Todd Rivaldo, Addison Alves, Ronaldo R, Ian Louis Kabes.

PSMS Medan : Abdul Rohim, Fredyan W, Danie P, Roni F, M Alwi, Abdul Aziz, Reinaldo Lobo, Shohei Matsunaga, Antoni P, Felipe Martins, Frets Butuan. Cadangan: Ahmad Fauzi, Gusti Sandria, M. Roby, Donni Dio, Erwin R, Legimin R, Choiril H. (sa/rus)