Gilas Bali United 4-0, PSM Puncaki Klasemen -->

Advertisement

Gilas Bali United 4-0, PSM Puncaki Klasemen

Senin, 26 November 2018

Logo Liga 1
JCS - Hasil laga pekan ke 32 sepak bola kasta tertinggi tanah Air, Liga 1 2018 PSM Makassar kembali ke puncak klasemen. Hasil itu didapat setelah PSM melibas Bali United 4-0 yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu, (25/11/2018).

Di babak pertama serangan bertubi-tubi dilancarkan kedua tim. Gebrakkan pertama didapat Bali United pada menit ketiga. Mahamadou N'Diaye mendapat peluang cantik lewat umpan melengkung. Namun, bola hasil sundulannya justru malah mengarah ke luar kotak penalti.

Giliran PSM mengancam di menit kelima. Bola hasil umpan Zulkifli Syukur berhasil diteruskan dengan sundulan Zulham Zamrun, namun arah bola masih melebar dari gawang yang dijaga Wawan Hendrawan.

Juku Eja berhasil membuka skor 1-0 lebih dulu di menit ke-10 lewat tendangan Zulham. Menerima umpan dari situasi tendangan bebas Wiljan Pluim, Zulham mengontrol bola sebelum melepas sepakan datar untuk menaklukkan Wawan.

Kemelut terjadi di area kotak penalti PSM. Kiper Hilman Syah dengan cepat mengamankan bola liar sebelum mendapat gangguan dari Dallen Ramadhan, yang berujung insiden adu mulut.

Peluang emas didapatkan Alessandro Ferreira pada menit ke-27 setelah menerima umpan dari Wiljan. Namun, penyelesaian akhirnya buruk dan bola dapat ditepis oleh Wawan.

Bali United masih kesulitan mengembangkan permainan setelah tertinggal 0-1. Sebaliknya, PSM mampu menciptakan banyak peluang dan mendapat penalti di menit ke-38 setelah Marc Anthony Klok dilanggar Wawan. Klok maju sebagai eksekutor dan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Jual beli serangan msih terjadi namun gempuran demi gempuran dari dua tim ini tak membuahkan hasil. Skor 2-0 pun tetap bertahan untuk PSM Makassar hingga turun minum. 

Di babak kedua PSM bangkit dengan kerja sama yang apik. Sekitar empat menit, PSM mendapat peluang manis. Sandro melepas tembakan terukur setelah bekerja sama dengan Hasim Kipuw, tetapi bola dapat dimentahkan oleh Wawan.

Wawan membuat kesalahan di menit ke-58. Dia dengan sigap menangkap si kulit bundar hasil umpan melengkung, tapi terlepas dan nyaris masuk ke gawangnya.

Kini, peluang manis lagi didapat Hanis Sagara pada menit ke-65. Dalam posisi bebas, dari jarak jauh dia melepaskan tembakan keras, namun arah bola melayang di atas mistar gawang.

PSM, dengan semangat kerja samanya terus mendominasi permainan atas Bali United. Alhasil, gol tambahan tercipta di menit ke-84 lewat Ferdinand Sinaga. Dalam posisi tanpa kawalan lawang, dia berhasil melesakkan bola ke tiang dekat.

Bola membentur tiang gawang. Muntah di hadapan Ferdinand. Bola diatur sejenak agar enak posisi tendang lalu dilesakkan ke mulut gawang hingga terjadi gol kedua di menit ke-90 untuk memperbesar kemenangan PSM menjadi 4-0. 

Pria asal Medan itu melesakkan gol setelah menyundul bola hasil tendangan salto Muhammad Rahmat. Skor itu pun bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini sekaligus mengantarkan PSM kembali ke puncak klasemen dengan 57 poin. Bali United untuk sementara ada di posisi keenam dengan 45 poin. 

Susunan pemain:

PSM Makassar: Hilman Syah; Abdul Rahman, Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Hasim Kipuw, Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun, Muhammad Rahmat, Alessandro Ferreira Leonardo.

Bali United: Wawan Hendrawan; Dallen Doke, Mahamadou N'Diaye, Taufik Hidayat, I Made Andhika, I Gede Sukadana, Nick van der Velden (Brwa Nouri 32'), Syaiful Indra, Ilijar Spasojevic, Hanis Sagara, Melvin Platje. (tas/rus)