Arab Saudi Bekuk Jepang 2-0, Ditunggu Korea Selatan di Final -->

Advertisement

Arab Saudi Bekuk Jepang 2-0, Ditunggu Korea Selatan di Final

Jumat, 02 November 2018

Tiga pemain Arab Saudi. (AFC)
JCS - Pertandingan semifinal Piala Asia U-19 2018, antara Arab Saudi vs Jepang dimenangkan Arab Saudi dengan skor 2-0. Pertandingan ini digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (1/11/2018) malam WIB.

Sukses menjebol gawang Jepang membuat Arab Saudi lolos ke final Piala Asia U-19 sekaligus menjadi penuntasan dendam pada Jepang.

Bagi Arab Saudi menembus final ini merupakan kali kedua berturut-turut. Hanya saja, pada pelaksanaan dua tahun lalu, Arab Saudi gagal menjadi juara, karena harus mengakui keunggulan Jepang melalui adu penalti.

Arab Saudi yang ingin membalas kekalahan di final, serta membukukan tempat di partai puncak, sudah membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-29 melalui Turki Al-Ammar untuk menuntaskan umpan Muhannad Al-Shanqiti.

Arab Saudi akan menghadapi Korea Selatan di laga final, Minggu (4/11). Korsel berhasil melangkah ke babak akhir setelah mengandaskan perlawanan Qatar 3-1 di tempat yang sama pada sore hari.

Tiga gol kemenangan Korsel dicetak Jeon Se Jin pada menit ke-23 dan 33, serta Um Won Sang (45). satu-satunya gol Qatar dihasilkan melalui bunuh diri Lee Jae-Ik pada menit ke-52.

Hasil itu menjadi torehan tersendiri, mengingat mereka menemui kegagalan menembus fase knock-out di dua penyelenggaraan sebelumnya. Pada tahun 2014 dan 2016, Korsel tidak lolos fase grup, kendati di 2012 mampu tampil sebagai juara dengan mengalahkan Irak. (rus/net)