Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Piala Dunia U-20 2019 -->

Advertisement

Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Piala Dunia U-20 2019

Minggu, 28 Oktober 2018

Timnas U-19 Indonesia vs Timnas U-19 Jepang. (Istimewa)
JCS - Pertandingan sepak bola perempatfinal Piala Asia U-19 2018 antara Jepang U-19 vs Timnas Indonesia U-19 baru saja usia dimainkan, Minggu (28/10/18) malam. Pertandingan penentuan tiket ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia itu, harus berakhir dengan skor 2-0 untuk Jepang.

Jepang mempertahankan keunggulan 1-0 di babak pertama. Memulai babak kedua, Jepang juga tampil sangat kuat dengan Timnas Indonesia U-19 kesulitan untuk memasuki kotak penalti mereka.

Di babak pertama, Timnas U-19 Indonesia langsung menyerang terlebih dulu, namun masih bisa digagalkan pertahanan Jepang U-19. Peluang pertama Timnas Indonesia U-19 di jantung pertahanan Jepang U-19 pada menit ke-9. 

Kerja sama Abimanyu dan Firza Andika membuka pertahanan Jepang, namun sayang, sepakan bek kiri tersebut masih bisa diblok oleh bek Jepang. Menit ke-16, gelandang Jepang U-19, Sugawara berhasil mengirim umpan silang ke pertahanan Indonesia. 

Tandukan striker Jepang mengancam gawang kita, beruntung, masih melambung di atas gawang Riyandi. 10 menit kemudian, berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Saddil Ramdani, mengarah tajam ke Abimanyu yang berlari ke depan gawang. 

Sayang, gelandang Sriwijaya FC itu belum bisa memanfaatkan si kulit bundar. Pada menit ke-40, bek kiri Jepang U-19, Higashi Shunki melepaskan sepakan keras dari jarak jauh. Mengejutkan, bola masuk ke gawang Riyandi dan membuat kedudukan menjadi 1-0.

Garuda Nusantara berusaha untuk menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir. Namun hingga babak pertama berakhir, keunggulan 1-0 untuk Jepang U-19 bertahan.

Main di babak kedua Timnas Indonesia langsung menekan pertahanan Jepang  dengan intens. Sayang, beberapa kali peluang tidak dapat dimaksimalkan oleh para pemain andalan Timnas Indonesia, seperti Witan dan Saddil Ramdani.

Memasuki menit ke-65, Saddil lagi-lagi merusak pertahanan Jepang U-19. Namun, umpan terobosan ke arah Witan di kotak penalti gagal dimaksimalkan dengan aksi backheel, bola lebih dulu tertangkap.

Empat menit berselang, yaitu menit ke-69, Timnas Indonesia U-19 lagi-lagi mendapat peluang. Lewat tendangan bebas Saddil Ramdani, yang berhasil digagalkan oleh kiper Jepang U-19. 

Kemudian jarak semenit, Jepang U-19 malah menambah keunggulan mereka. Lewat gol yang dicetak oleh Taisei Miyashiro tepatnya menit ke-70. Menit ke-75, wasit tampak berdiskusi untuk menghentikan pertandingan karena hujan lebat. Namun, pertandingan akhirnya kembali dimainkan sesaat kemudian.

Kyosuke Tagawa hampir mencetak gol ketiga Jepang pada menit ke-79. Namun, sontekannya masih melebar tipis dari gawang Riyandi. Permainan Jepang U-19 berhasil membuat Timnas Indonesia U-19 kesulitan mengembangkan permainan mereka. 

Tendangan bebas Saddil pada menit ke-90 membentur pagar betis Jepang U-19, tambahan 3 menit. Hingga tambahan 3 menit berakhir, Timnas Indonesia U-19 gagal mencetak gol balasan. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-0. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 gagal melangkah ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. (rus/tas)