Saga Temukan Pedang Kuno 1500 Tahun -->

Advertisement

Saga Temukan Pedang Kuno 1500 Tahun

Minggu, 07 Oktober 2018

Danau yang ditemukannya pedang kuno (Ilustrasi/Tas)
JCS - Seorang bocah delapan tahun bernama Saga Vanecek menemukan pedang era pra viking saat berenang di Danau Vidöstern di Swedia selama musim panas. 

Dilansir JCS dari BBC,  pedang tersebut pada awalnya dilaporkan berumur 1.000 tahun, tetapi menurut para ahli di museum lokal, kalau sekarang mungkin sekitar 1.500 tahun yang lalu.

Padahal tingkat air sangat rendah pada saat itu, karena kekeringan. Itulah yang menyebabkan mengapa Saga menemukan barang kuno tersebut. "Tidak mungkin setiap hari kamu menginjak pedang di danau! Penemuan ini tak biasa," kata Mikael Nordström dari museum.

Saat itu Saga lagi main di danau itu. Karena air danau kecil Saga melaju ke tengah danau lalu ada benda yang terinjak. Saga tidak lama di danau tersebut dan keburu dapat benda berbentuk pedang. "Saya merasa ada sesuatu di dalam air dan mengangkatnya. Lalu ada pegangan lalu saya pergi untuk memberi tahu ayah saya bahwa itu tampak seperti pedang," kata Saga dilansir dari BBC Jumat (5/10).

Ayah Saga, Andy Vanecek, mengatakan, awalnya dia mengira putrinya telah menemukan tongkat atau cabang pohon yang tidak biasa di air. Selanjutnya dia meminta seorang teman untuk melihat lebih dekat apakah dia menemukan bahwa itu mungkin adalah peninggalan kuno.

Museum lokal yang melestarikan benda bersejarah mengatakan, pedang itu diawetkan dengan sangat baik. Penemuan Saga membuat museum dan dewan lokal untuk melakukan penggalian lebih lanjut di danau itu, dan menemukan sebuah bros dari abad ke-3.

Museum county Jönköping mengatakan, penyelidikannya terhadap danau belum selesai dan kemungkinan akan menemukan lebih banyak barang kuno. (tas/net)