Persib Punya Catatan Apik saat Main Tanpa Penonton -->

Advertisement

Persib Punya Catatan Apik saat Main Tanpa Penonton

Rabu, 03 Oktober 2018

Persib
Jurnal Bola - Persib Bandung harus bertanding tanpa penonton di laga kandang selama sisa kompetisi Liga 1 2018 dan setengah musim depan akibat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. 

Nah, jika melihat data statistik saat bermain tanpa penonton, Persib ternyata memiliki catatan yang cukup baik. Dikutip JurnalBola dari Kompas.com, Persib total menjalani enam laga tanpa penonton sejak 2008. 

Persib meraih empat kemenangan, satu hasil imbang, dan hanya satu kali kalah dari keenam laga tertutup itu. Itu artinya, persentase kemenangan Persib saat bertanding tanpa penonton adalah 67 persen. 

Dari enam laga itu, semuanya digelar di Bandung. Dua stadion yang digunakan adalah di Jalak Harupat dan Siliwangi.  Selain hukuman tanpa penonton di laga kandang sampai setengah kompetisi musim depan, Persib juga harus terusir dari Bandung. 

Persib mendapatkan hukuman menggelar laga kandang di luar Pulau Jawa tanpa penonton sampai akhir musim ini. Dari 11 laga sisa musim ini, Persib masih memiliki jatah enam partai kandang. 

Persib baru bisa kembali menggelar pertandingan kandang di Bandung pada kompetisi musim depan. Namun, setengah kompetisi musim 2019 tetap digelar tanpa penonton. 

Sanksi tersebut membuat Persib harus bermain kandang tanpa dukungan suporternya kurang lebih selama satu tahun. Tidak hanya itu, Persib juga dipastikan tanpa dukungan suporternya saat melakoni laga tandang sampai setengah musim kompetisi 2019. 

Sanksi ini diberi Komdis PSSI menyusul insiden kematian satu suporter, Haringga Sirla, sebelum laga Persib versus Persija Jakarta 23 September lalu. Total sembilan hukuman diterima Persib termasuk di antaranya ditanggung panitia pelaksana, suporter, ofisial, dan pemain. (rus/net)