Kalahkan UEA 1-0, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Perempatfinal Piala Asia U-19 2018 -->

Advertisement

Kalahkan UEA 1-0, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Perempatfinal Piala Asia U-19 2018

Rabu, 24 Oktober 2018

Kaki kidal Egy mencoba melepaskan tendangan keras, saat timnas Indonesia U-19 vs UEA (Foto: Heru Haryono/Okezone) 
JCS - Laga Grup A Piala Asia U-19 2018 mempertemukan Timnas Indonesia U-19 vs Uni Emirate Arab (UEA) U-19 berakhir dengan skor 1-0 untuk  Egy Maulana Vikri dkk. Laga ini dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10/18) pukul 19.00 WIB malam.

Di babak pertama, timnas Indonesia U-19 terlihat mendominasi jalannya permainan dengan memusatkan serangan kepada Egy. Meski begitu, Witan Sulaeman yang tiba-tiba muncul untuk mengghajar si kulit bundar (gol) pertama untuk Indonesia pada menit ke-23.

Uni Emirat Arab terlihat kesulitan mengembangkan permainan mereka di babak pertama. Timnas Indonesia U-19 berusaha terus menjaga momentum serangan ke pertahanan UEA.

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-19 harus bermain dengan sebanyak 10 orang. Luar biasa, Timnas U-19 berhasil menahan semua gempuran UEA dan juga mampu menyerang.

Skor 1-0 pun hingga babak kedua berakhir. Timnas Indonesia U-19 pun berhasil menang dan lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018 sebagai runner-up. 

Kembali bahasan di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 mencoba menggebrak pertahanan UEA. Baru delapan menit berjalan, Egy Maulana Vikri terperangkap offside saat coba meraih umpan serangan balik dari Hanis Saghara.

Empat menit berselang, Hanis kembali mendapat peluang untuk Timnas Indonesia U-19. Sayang, tandukannya yang menyambut umpan Firza Andika masih melambung di atas gawang UEA.

Kali ini peluang dari Egy Maulana Vikri. Menit ke-16, umpan silang Saddil Ramdani ke depan gawang UEA, namun sayang umpan tersebut gagal menemui Egy yang berdiri tanpa kawalan. 

Menit ke-23, Witan Sulaeman sukses memanfaatkan kesalahan bek UEA. Witan berhasil menggiring bola hingga kotak penalti sebelum melepaskan sepakan keras dan GOL! Indonesia unggul 1-0 atas UEA.

Setelah gol pertama Witan, jalannya pertandingan lebih banyak di lini tengah. Uni Emirat Arab mendapat peluang lewat tendangan bebas menit ke-31, beruntung, Muhammad Riyandi berhasil menangkap bola.

Timnas Indonesia U-19 masih terus menerus mencoba melakukan serangan guna menambah pundi-pundi gol. Namun hingga babak pertama Timnas Indonesia U-19 vs UEA U-19 berakhir, tidak ada gol tercipta.

Lima menit babak kedua dimulai, kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Haji Haris harus mendapat kartu kuning kedua di laga ini. Nurhidayat yang bertabrakan dengan penyerang UEA, mendapat perawatan tim medis terlebih dulu sebelum dirinya keluar dari lapangan.

Bermain dengan 10 orang, Timnas Indonesia U-19 mendapat peluang lewat Egy Maulana Vikri di kotak penalti pada menit ke-63. Namun, sayang tembakan Egy berhasil digagalkan oleh bek UEA.

Menit ke-68, Egy Maulana Vikri yang mengalami cedera di bagian paha kanannya, harus ditarik keluar dan digantikan oleh Muhammad Rafi.

Menit ke-74, Uni Emirat Arab mulai merasakan keuntungan dari kekurangan jumlah pemain Timnas Indonesia U-19. Hampir saja, gawang Riyandi kebobolan lewat tendangan volley penyerang Arab, untung melebar tipis.

Lima menit berselang, Timnas Indonesia U-19 mendapat peluang beruntun. Usai aksi Witan dan Firza Andika dihentikan, tembakan keras Luthfi Kamal dari jarak jauh masih berhasil ditepis oleh kiper UEA.

Witan dan Todd Rivaldo Ferre benar-benar menjadi masalah untuk pertahanan UEA. Menit ke-88, tembakan bebas dari Todd membentur pagar betis, sayang sekali.

Dengan tujuh menit waktu tambahan, tidak ada gol yang tercipta dari Timnas Indonesia U-19 atau UEA U-19. Timnas Indonesia U-19 pun berhasil memenangkan pertandingan dan lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018. (rus/tas/net)