Kajian Al-Qur'an dan Hadits UIN SGD Bandung yang Kekinian dan Era Milenial -->

Advertisement

Kajian Al-Qur'an dan Hadits UIN SGD Bandung yang Kekinian dan Era Milenial

Selasa, 02 Oktober 2018

Seminar Al-Qur'an dan Hadits, Information Technology and Media: Challenges and Opportunities/jabar.tribunnews.com
JCS - Seminar Internasional yang menyentuh qolbu kali ini di pusatkan Aula Anwar Musaddad Kampus I Universitas Islam Negeri ( UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Selasa (2/10/2018). Seminar Internasional mengangkat tema "Al-Qur'an dan Hadits, Information Technology and Media: Challenges and Opportunities."

Kegiatan bernuansa islami ini adalah rangkaian memperingati Dies Natalis ke-50 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Fakultas Ushuluddin juga menggelar konferensi internasional.

Seminar internasional yang akan mempresentasikan 68 artikel itu mengusung tema umum "Qur'an dan Hadits, Information Technology and Media: Challenges and Opportunities".

Adapun tema-tema artikel tersebut antara lain berkaitan dengan kajian-kajian Al-Qur'an di era Millenial seperti digitalisasi Al-Qur'an, pembuatan-pembuatan aplikasi dan software Al-Qur'an sampai dengan fenomena kajian-kajian Al-Qur'an di internet dan media social yang akan dibahas dalam 14 grup diskusi paralel.

Menurut ketua panitia acara konferensi International, Irma Riyani mengatakan bahwa kajian Al-Qur'an dan Hadits di era millennial dan zaman now ini harus sudah mulai mengakomodasi penggunaan teknologi dan media sebagai sarana, baik pada tataran pembelajaran untuk kajian, metodologi maupun praktis.

Lanjut Irma, dengan adanya sarana multimedia tersebut merupakan babak baru dalam kajian Al-Qur'an. Dari acara ini, kata Irma, setidaknya ada beberapa dampak yang akan timbul dari penggunaan teknologi tersebut, seperti masalah otoritas, isi maupun sumber, menurutnya hal itu akan menjadi tantangan tersendiri.

"Tetapi bisa juga sarana multimedia ini sebagai kesempatan bahwa pesan-pesan Al-Qur'an dan hadis ini bisa lebih mudah dan lebih luas untuk diakses,” paparnya Selasa (2/10/2018).

Masih diungkapkan Irma, Konferensi Internasional tersebut juga menjadi acara pertemuan tahunan Asosiasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir se-Indonesia. "Untuk acara pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Grand Cordela, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung," pungkasnya. (tas/net)