Kilauan Air Terjun Cianjur -->

Advertisement

Kilauan Air Terjun Cianjur

Minggu, 07 Oktober 2018

Curug Ciastana Cianjur 
JCS - Wisata alam di Cianjur paling sejuk dan indah dibanding dengan wisata alam daerah lainnya. Iya, dong. Fanorama alamnya akan menjadi daya tarik bagi Anda. Apalagi, Anda yang berkutat di Metropolitan yang tiada hari tanpa penat dan bising oleh deru debu knalpot motor. 

Di kota belum lagi kendaraan padat dan macet, panas lagi. Kondisi tersebut pastinya Anda ingin menikmati yang segar-segar.

Bentang alam Cianjur mememiliki keindahan mempesona. Tengok saja air terjun yang ada di Cianjur, indahnya benar-benar alami. Keindahan alamnya membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke Cianjur yang menawarkan kesejukan.

Tak perlu bingung, Anda akan memberikan sejumlah rekomendasi curug-curug di Cianjur yang sayang jika dilewatkan.

1. Curug Luhur

Terletak di Kecamatan Cibinong Cianjur Selatan, wisata alam satu ini masih belum dikenal masyarakat. Air terjun jatuh dari atas ketinggian bebatuan. Curug di Cianjur ini memiliki tiga air terjun dengan debit air terjun berbeda-beda.

Untuk mencapai undakan paling atas, Anda harus menyusuri sisi curug sebelah kiri dan menaiki bukit yang landai. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Curug Luhur adalah sekitar 3 hingga 4 jam dari Kota Cianjur.

2. Curug Ciastana

Curug Ciastana di Desa Bokongkasih, Kadupandak, Cianjur. Curug Ciastana berbeda dengan curug  lain. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Bentuknya sedikit lebar dan mirip seperti tirai panjang. 

Curug belum dikelola secara resmi dan belum dikenal orang banyak, membuat fasilitas di Curug Ciastana tidak lengkap. Contohnya untuk parkir kendaraan, para pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di rumah warga setempat.

3. Curug Dengdeng

Destinasi wisata yang juga tersembunyi adalah Curug Dengdeng. Curug ini terletak di Kampung Gunung Putri, Kecamatan Pacet, Cianjur. Ketinggian curug 85 meter ini memiliki air terjun yang berkilauan. 

Untuk menikmati pemandangan sekitar, para pengunjung harus menempuh jarak sekitar 1 km dari Kampung Cidadas. Sampai sekarang, akses untuk para pengunjung masih belum layak.

4. Curug Cisampay

Curug Cisampay terletak di  Pasirkupa, Desa Mekarwangi Cikadu, Cianjur. Para pengunjung akan disajikan pemandangan air terjun dari ketinggian tebing.  Curug Cisampay ini merupakan salah satu sumber irigasi bagi masyarakat sekitar.

Berbeda dengan curug lainnya, di sini terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung seperti musala, toilet umum, serta saung sebagai tempat berisitirahat.

Tidak dikenakan biaya masuk. Namun, Anda yang membawa kendaraan dikenakan tarif parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Jadi, sudah ada pilihan untuk berakhir pekan. Coba Anda menikmati curug-curug di Cianjur ini. (rus/trav)