Dihentikan Australia, Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Piala Dunia 2019 -->

Advertisement

Dihentikan Australia, Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Piala Dunia 2019

Senin, 01 Oktober 2018

Timnas U-16 Indonesia Vs Timnas U-16 Australia
JCS - Laga perempat final Piala AFC U-16 2018, timnas Indonesia U-16 kalah dengan skor 2-3 dari Australia U-16. Pertandingan sengit ini dilangsungkan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (1/10/2018).

Hasil negatif membuat Indonesia U-16 gagal bermain di Piala Dunia U-17 2019, mengingat skuat Fakhri Husaini gagal menembus empat besar. 

Indonesia U-16 dalam tekanan ketika pertandingan baru bergulir. Bagus Kaffa dan kawan-kawan pun kerja keras untuk mengamankan lini pertahanan dari gempuran Australia U-16.

Pada menit ke-10, Australia U-16 mendapat peluang emas. Beruntung, kiper Ernando Ari tampil apik dan berhasil menjaga gawangnya agar tidak kebobolan.

Indonesia U-16 mulai merespons perlawanan Australia U-16. Empat menit berselang, Sultan Zico melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola hasil sepakannya masih dimentahkan kiper Australia, yakni Adam Pavlesic.

Memasuki menit ke-17, Indonesia U-16 unggul. Kesalahan yang dilakukan lini pertahanan Australia mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Zico. Sang pemain melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti dan gagal dijangkau Pavlesic.

Australia U-16 langsung menggempur pertahanan skuat Garuda Asia agar bisa menyamakan kedudukan. Sejumlah peluang berbahaya mampu diciptakan pasukan Trevor Morgan.

Akan tetapi, Indonesia juga memiliki sejumlah peluang emas mendulang pada masa injury time. Namun, sejumlah peluang yang diraih kedua tim tidak berbuah manis hingga hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Australia U-16 menyamakan kedudukan. Berawal dari situasi bola mati yang dieksekusi Ryan Teague, Daniel Walsh menanduk datangnya bola sehingga membuat Ernardo memungut bola dari gawangnya pada menit ke-50.

Gawang Indonesia U-16 kembali dibobol Australia pada menit ke-65. Kali ini giliran Adam Leombruno yang mencatatkan nama di papan skor.

Indonesia U-16 semakin terpuruk karena Australia kembali mendulang gol lewat Noah Botic pada menit ke-72. Tendangan kaki kanan Botic dari dalam kotak penalti gagal diselamatkan Ernardo. 

Meski tertinggal dua gol, Indonesia U-16 tetap berusaha memperkecil ketertinggalan. Usaha yang dilakukan pun berbuah manis setelah Rendy Juliansyah mencetak gol pada menit ke-88.

Gol Rendy tidak cukup untuk mengantarkan Indonesia menembus semifinal karena skor 3-2 untuk kemenangan Australia bertahan hingga laga berakhir. (rus/net)