Arema FC menang tipis 1-0 atas Persebaya -->

Advertisement

Arema FC menang tipis 1-0 atas Persebaya

Sabtu, 06 Oktober 2018

Arema FC vs Persebaya Surabaya
JCS - Arema FC menang tipis 1-0 atas Persebaya Surabaya pada pekan ke-24 Liga 2018 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (6/10/2018). Ahmad Hardianto tampil paling keren karena mencetak gol kemenangan dalam derbi Jawa Timur tersebut.

Kemenangan tersebut sekaligus menuntaskan dendam pada pertemuan pertama. Saat bertandang ke markas Persebaya, Arema FC kalah dengan skor 0-1. Mendapat tambahan tiga poin ini membuat Arema FC naik ke peringkat ke-11 klasemen sementara dengan koleksi 31 poin. 

Sementara itu Persebaya turun ke urutan ke-12 karena terpaut dua angka dari Singo Edan, julukan Arema. Dengan demikian, derbi Jawa Timur pada musim ini menjadi milik Arema FC. Pasalnya, pada putaran pertama di Surabaya, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Persebaya menekan Arema FC sejak babak pertama dimulai, dengan wasit Dodi Setia Purnama dari Jawa Barat. Anak asuh Djadjang Nurdjaman memaksa tuan rumah kesulitan untuk mengembangkan permainan. 

Arema mulai melepaskan diri dari tekanan Persebaya pada menit ke-15. Setelah itu kedua tim saling jual beli serangan. Sejumlah kesempatan diperoleh Arema maupun Persebaya, namun gagal berbuah gol.

Tendangan melengkung dilepaskan Makan Konate pada menit ke-21. Sayang bola melambung tipis di atas mistar. Ini menjadi kesempatan terbaik Arema sepanjang babak pertama. Lepas itu, Singo Edan berusaha untuk menembus pertahanan Persebaya. 

Tim tamu juga tak mau ketinggalan. Sejumlah kesempatan diperoleh dari kaki David da Silva maupun Irfan Jaya. Namun tak ada yang berujung gol.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, Arema bermain lebih menyerang pada babak kedua. Tim asuhan Milan Petrovic berusaha untuk menjebol gawang Persebaya. Acungan jempol layak diberikan kepada Miswar Saputra. Kiper Persebaya asal Aceh ini melakukan banyak penyelamatan gemilang. Miswar membuat pemain Arema frustasi.

Arema melakukan penyegaran di lini depan dengan memasukkan Ahmad Nur Hardianto. Mantan penyerang Persela Lamongan itu merumput pada menit ke-58 menggantikan Sunarto. Sementara Persebaya memasukkan gelandang kreatif Robertino Pugliara menggantikan Rendi Irwan Saputra pada menit ke-65. Rendi mengalami sedikit cedera.

Keputusan Milan Petrovic menurunkan Nur Hardianto sangat jitu. Mantan penyerang Timnas U-23 ini berhasil menjebol gawang Miswar Saputra pada menit ke-70. Berawal dari tendangan bebas Makan Konate yang diblok Miswar, bola pantul langsung didorong Hardianto masuk ke jala Persebaya. Gol, Arema unggul 1-0 atas Persebaya.

Persebaya bermain lebih ngotot setelah kebobolan satu gol. Tetapi Persebaya selalu kesulitan untuk menembus pertahanan Arema FC. Bahkan striker David da Silva mati kutu di tangan Arthur Cunha dan Hamka Hamzah. Permainan Alfin Tuasalamony juga tampil ciamik sepanjang laga. Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang akhir pertandingan dibunyikan.

Skuad yang diturunkan Arema FC dengan pelatih Milan Petrovic; Utam Rusdiana, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Johan Alfarizi (Ricky Ohorella, 89'), Alfin Tuasalamony, Hanif Syahbandi (M. Rafli, 46'), Jayus Hariono, Makan Konate, Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Sunarto (Ahmad Nur Hardianto,58').

Pasukan Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Andri Muliadi, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Abu Rizal Maulana, Misbakus Solikin, Muhammad Hidayat (Rishadi Fauzi, 86'), Rendi Irwan Saputra (Robertino Pugliara, 65'), Osvaldo Haay, Irfan Jaya (Oktafianus Fernando, 78'), David da Silva, dengan pelatih asal Jawa Barat, Djadjang Nurdjaman. (tas/rus)