Wajah Pria Tetap Ganteng, Caranya? -->

Advertisement

Wajah Pria Tetap Ganteng, Caranya?

Rabu, 10 Oktober 2018

Ilustrasi
JCS - Perawatan kulit tak hanya diperlukan oleh wanita. Pria juga perlu merawat kulitnya dengan baik tanpa perlu takut kehilangan sisi maskulinnya. Selain itu, para pria juga tak perlu melakukan hal rumit seperti exofiliator, masker, serum, tonik atau menggunakan krim malam yang menguras kocek.

Anda cukup dengan melakukan perawatan wajah dasar, seperti membersihkan wajah dan memakai pelembap, kesehatan dan kebersihan kulit pun terjaga. Perawatan wajah yang sederhana itu pun mampu mencegah penuaan, jerawat dan memperbaiki keseluruhan tampilan dan kondisi kulit kita.  

Jadi, hanya memakai produk perawatan yang minim dan tanpa menguras kantong, kulit bersih dan penampilan memukau pun bukan lagi hal mustahil. Laman Men's Journal merangkum pandangan pakar dermatologi tentang tiga hal utama untuk perawatan wajah pria. 

Pertama, gunakan pelembap dengan SPF 30 Pagi hari adalah saat di mana kulit memerlukan pelembap usai kita melakukan pembersihan. Selain memberi kulit vitamin dan antioksidan, pelembap dapat menghidrasi kulit setelah semua minyak alami menghilang bersama kotoran yang berlebih. 

Pelembap juga dapat menciptakan lapisan pelindung kulit atas untuk menghindari kulit dari racun. 
Sementara itu, SPF berfungsi melindungi kulit dari dua jenis sinar ultravilolet, yaitu sinar UVA yang dapat menyebabkan penuaan dan sinar UVB yang dapat menyebabkan kanker. 

Semakin tinggi SPF, semakin kuat pertahanan. Meski kenyataannya, angka tersebut bukanlah ukuran yang proporsional. SPF 30 tidak melindungi kulit kita dua kali lebih efektif daripada SPF 15, namun benar-benar melindungi kulit lebih signifikan. 

Meski di sisi lain, dokter setuju jika kita memerlukan SPF 30 atau lebih tinggi untuk perawatan kulit kita. Oleh karena itu, pilihlah pelembap dengan kandungan SPF agar lebih praktis. Namun, pilihlah pelembap dengan SPF 30+ yang menawarkan cakupan spektrum luas. 

Dr Jennifer S Kitchin, pakar dermatologi, mengatakan tabir surya harus memeliki kandungan seperti titanium atau seng. "Zat tersebut memantulkan sinar UV dari kulit, dan melindungi kita dari efek jangka panjang penuaan, seperti kanker kulit, keriput, dan bintik-bintik coklat,” tambahnya. 

Dua, bersihkan wajah dua kali sehari Sebelum mengaplikasikan pelembap, kita perlu membersihkan wajah terlebih dahulu, minimal dua kali sehari. Bersihkan wajah sebelum dan setelah bangun tidur, serta ketika berkeringat berlebihan. 

Membersihkan wajah juga dapat membersihkan keringat, kotoran, racun, dan minyak berlebih yang membuat wajah berkilau, berminyak, dan mudah berjerawat karena semua hal tersebut bisa menyumbat pori-pori. Para ahli juga menyarankan kita untuk menggunakan pembersih yang paling optimal sesuai kebutuhan kulit kita. 

Untuk hal ini, Dr. Avnee Shah menyarankan untuk memamakai foaming cleanser atau pembersih wajah dengan tekstur busa untuk kulit berminyak. Untuk kulit kering, kita bisa memakai pembersih dengan tekstur yang lebih lembut atau tak berbusa. 

Pakar dermatologi Dr. Holly Hanson menyarankan pemilik kulit sensitif untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan tak mengganggu tingkat pH kulit, agar kita tetap bisa mencuci wajah dua kali sehari tanpa iritasi. 

Sementara itu, Dr Kassie Haitz menyarankan pemakaian pembersih dengan asam salisilat. Asam salisilat membantu mengangkat sel-sel kulit mati agar tak menyumbat pori-pori kulit. Baca juga: Kesalahan Merawat Kulit yang Bikin Wajah Kurang Glowing 

Tiga, gunakan produk dengan retinol saat akan tidur Cara ini mungkin terdengar asing Namun, pakar dermatologi sangat mempercayai manfaat retinol. Kita bisa mengkombinasikan pemakaian pelembap malam dan retinol sebelum tidur untuk mengatasi garis-garis halus, jerawat, dan bintik-bintik matahari pada kulit. 

Pemakaian retinol akan terasa setelah tiga bulan pemakaian rutin. Retinol adalah produk yang berasal dari vitamin A yang bisa kita gunakan dengan dosis tertentu dan dicampur ke dalam krim malam. Dengan memakainya sebelum tidur, kita bisa memaksimalkan manfaatnya, karena bekerja bersama-sama dengan proses regeneratif tubuh. 

Untuk hal ini, kita harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pemakaian retinol terbaik sesuai dengan kebutuhan spesifik kita, terutama untuk menghindari efek samping yang kemungkinan terjadi. Selain itu, retinol juga menambah kepekaan kulit pada sinar matahari. Oleh karena itu, kita juga harus memperhatikan pentingnya pemakaian SPF.  (tas/net)