Pemkab Cianjur Luncurkan Program Pencegahan Stunting dan TBC -->

Advertisement

Pemkab Cianjur Luncurkan Program Pencegahan Stunting dan TBC

Admin
Sabtu, 29 September 2018

JCS - Demi generasi muda dan harapan bangsa yang sehat. Kini, sekolah-sekolah di Cianjur mendapat ilmu pencegahan stunting atau gizi buruk dan TBC dari pemateri. Kegiatan ini merupakan program pemerintah yang harus disampaikan kepada generasi muda.

Terkait itu, Pemerintah Kabupaten Cianjur telah melaunching program tersebut sejak dini di lingkungan sekolah di Cianjur, belum lama ini. 

Menurut Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman program itu adalah penanganan stunting dan TBC bisa dilakukan sejak dini dan terpola sehingga tepat pada sasaran program. "Alhamdulillah, berdasarkan laporan yang diterima kami bahwa angka stunting menurun, saya berharap diluncurkannya program ini bisa menangani semua permasalahan terkait stunting," ujar Herman, Kamis (27/9/2018) di MAN Pacet.

Sementara pihak Dinas Kesehatan Cianjur sebagai leading sektor dalam program penanganan stunting, dr Irfan Fauzi mengatakan, untuk temuan gizi buruk dalam tiga tahun terakhir angkanya turun drastis. Demikian halnya dengan kematian akibat gizi buruk yang juga berkurang.

"Kami launching program ini untuk mempersiapkan masa depan, diberikan ilmu kepada pelajar sebagai calon ibu dan calon bapa agar merek responsif," kata Irfan.

Irfan berharap, para remaja juga tahu risiko yang akan dihadapi saat menjadi orangtua dan bagaimana caranya memberikan gizi terbaik untuk generasi mendatang.

Menurut Irfan, jika ada yang bertanya kenapa remaja dan calon ibu mendapat sasaran program tersebut? Karena anemia terjadi pada remaja. Hal ini bahkan sambung dia, persentasenya hampir tiga puluh persen. Maka dengan kegiatan ini adalah sebuah upaya jangka panjang untuk mencetak generasi terbaik generasi pada saat Indonesia emas harus optimal.

"Kegiatan ini juga sebagai tindakan preventif terhadap adanya penyakit TBC. Pasalnya TBC juga menjadi satu penyebab adanya stunting," terang Irfan usai kick off program tersebut di MAN Pacet, Kamis lalu.

Kepala MAN Pacet, Deden berharap, menyambut program yang dilunurkan tersebut, mengingat kegiatan penanganan stunting dan TBC sejak dini ini benar benar sesuai dengan yang diharapkan dan tepat sasaran

"Dalam hal ini sekolah juga akan meneruskan apa yang telah diprogramkan pemerintah, dengan sasaran pelajar dan para guru tentunya," pungkasnya. (tas).