Pastikan AC Mobil Anda Optimal -->

Advertisement

Pastikan AC Mobil Anda Optimal

Admin
Minggu, 05 Agustus 2018

Ilustrasi 
JCS - Musim kemarau atau hari yang terik, penyejuk udara atau air conditioner alias AC di mobil Anda tidak hanya cukup dingin untuk memberikan Anda nyaman di perjalanan. Terkadang, sering kali kualitas atau kondisi AC-lah yang menjadi sasaran disalahkan atas situasi ini. 

Padahal, produsen mobil sudah menyediakan teknologi terbaik seperti AC otomatis atau climate control pada mobil Anda. Terkadang juga pengguna AC yang kurang efektif lantaran kerja AC di mobil Anda tidak optimal. Untuk itu, control mobil Anda agar tetap berfungsi secara optimal. Dilansir dari Drive Spark, berikut tips terbaik untuk mobil Anda. Pertama, buka sebagian jendela. Ketika hari-hari yang terik, kabin pasti menjadi panas karena tidak adanya sirkulasi udara. Buka sedikit jendela mobil untuk mengurangi panas. 

Sistem AC bekerja dengan membuang udara panas, jadi jika Anda mengurangi udara panas dengan mengeluarkan udara panas tersebut lewat jendela yang sedikit terbuka, itu akan membantu AC mobil bekerja secara efektif. Kedua, mode recirculation. Katika menghidupkan mobil, matikan mode resirkulasi yang akan membiarkan udara panas keluar melalui ventilasi. 

Setelah udara menjadi cukup dingin, putar kembali ke mode resirkulasi yang akan mengedarkan udara dingin yang terperangkap di dalam kabin. Dengan cara ini, Insyaallah, AC mobil Anda akan bekerja lebih efisien. Ketiga, pemeliharaan AC. Perawatan AC mobil Anda harus teratur. Rajin memeriksa kompresor jika Anda menemukan kejanggalan dalam kinerja AC mobil Anda. Apalagi musim kemarau. Hal ini akan menjaga AC berjalan dalam kondisi optimal dan tidak akan memberikan terlalu banyak tekanan terhadap sistem AC mobil saat digunakan optimal pada hari-hari terik matahari. 

Selanjutnya, jika mobil Anda dilengkapi dengan AC otomatis atau climate control, nyalakan AC pada kecepatan terendah, ini akan menjadi cara tercepat untuk menurunkan suhu dalam mobil. Anda dapat menyesuaikan kecepatannya kembali sesuai dengan jumlah penumpang. Terakhir, kecepatan tinggi pada saat dimulai. 

Jika mobil Anda ditinggalkan di luar atau di tempat parkir untuk waktu yang lama di bawah sinar matahari, kabin mobil pasti akan menjadi sangat lembab. Bila jendela sepenuhnya. Buka jendela sepenuhnya, set AC pada kecepatan tertinggi dan kendarai mobil sejauh beberapa kilometer hingga Anda merasakan adanya udara dingin yang mengalir melalui ventilasi AC. 

Setelah sistem AC stabil meniupkan udara dingin, Anda dapat menutup jendela dengan mengaktifkan mode sirkulasi. Langkah-langkah tersebut, akan menghindari tekanan berlebih pada kompresor AC. Dan pastikan keefektifan sistem AC di mobil Anda. Selamat mencoba! (tas/rus).