Nilai Tukar Rupiah Menguat -->

Advertisement

Nilai Tukar Rupiah Menguat

Admin
Jumat, 10 Agustus 2018

Ilustrasi 
JCS - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD) bergerak menguat di perdagangan Kamis (9/8/2018). Kamis pagi Rupiah dibuka Rp. 14.435 atau menguat terus dibanding penutupan perdagangan Rabu kemarin Rp. 14.439 per USD. 

Dilansir dari laman Bloomberg, Rupiah terus menguat usai pembukaan. Saat ini, Rupiah tercatat Rp. 14.405 per USD. Sebelumnya, pemerintah tengah menerapkan sejumlah pekerjaan yang menyebabkan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS. 

Meski demikian, kebijakan itu bukan seperti paket kebijakan ekonomi yang semua itu dikeluarkan melainkan ada sejumlah kebijakan yang fokus pada masing-masing sektor. "Bukan paket kebijakan ekonomi saja, tapi karena banyak kebijakan," kata Menko Bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis.

Salah satu contohnya, disebutkan Menko, kebijakan terlihat dengan penggunaan B20, dimana campuran CPO dalam solar akan ditingkatkan menjadi 20 persen. "Kebijakan ini diharapkan bisa menekan impor BBM dan menghemat devisa. 

Selain itu, pemerintah juga akan meminta masukan dan bersubsidi para eksportir dan importir mengenai hal ini. Rencananya, Kamis sore, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang eksportir dan importir ke Istana Presiden di Bogor. (tas).