Keperluan dan Terlalu Berlebihan -->

Advertisement

Keperluan dan Terlalu Berlebihan

Admin
Minggu, 12 Agustus 2018

Ilustrasi 
Diriwayatkan dari Ali ibnu Abu Thalib ra, yang menghubungkan sampai kepada Rasulullah SAW bahwa apabila seseorang di antara kamu hendak melakukan suatu keperluan, maka hendaklah ia berangkat di pagi hari Kamis dan sebelum keluar dari rumahnya hendaklah membaca surat Ali 'Imran, ayat Kursi, surat Al-Qadr, dan surat Alfatihah.

Karena sesungguhnya di dalam surat-surat itu terkandung semua kebutuhan dunia dan akhirat. Abdullah ibnul Hasan ra berkata, "Aku datang di muka pintu Umar ibnu 'Abdul Aziz untuk suatu keperluan, maka 'Umar berkata, "Kalau kamu ada keperluan denganku, maka utuslah seorang kurir atau kirimkanlah surat kepadaku mengenainya.

Karena sesungguhnya aku malu kepada Allah bila Dia melihatmu berada di depan pintu istanaku." Diriwayatkan dari Ali ibnu Abu Thalib ra, yang telah mengatakan, "Demi Tuhan yang pendengaran-Nya meluputi segala macam suara, tidak sekali-kali seseorang memasukkan suatu kegembiraan di dalam hati orang lain, melainkan Allah akan menjadikan kelembutan dari kegembiraan itu. 

Dan apabila ada suatu bencana yang datang menimpa dirinya, maka kelembutan itu berlari dengan cepat bagaikan air untuk mengusir unta asing dari tempat minum untanya." Ali ibnu Abu Thalib juga mengatakan, "Terlewatkannya suatu keperluan lebih ringan daripada mencarinya dari orang yang tidak memilikinya." 

Ali ibnu Abu Thalib telah mengatakan pula, "Janganlah kamu terlalu banyak memenuhi keperluan saudaramu, karena sesungguhnya anak lembu pun bila terlalu berlebihan menghisap puting susu induknya tentu induknya akan menendangnya. Wallahu a'lam bish-shawab.*