Petunjuk Jalan -->

Advertisement

Petunjuk Jalan

Admin
Sabtu, 07 Juli 2018

Ilustrasi 
Buku petunjuk jalan menyimpulkam kisah generasi Qurani yang unik dan menawan. Uniknya karena sikap para sahabat pada perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW. Baik yang berbentuk wahyu, ayat-ayat Al-Qur'an, juga hadits dan sunnah. 

Bagi Muslim, Al-Qur'an dan Sunnah, tentu saja harus menjadi sebuah sandaran paling hakiki dari semua ilmu pengetahuan. Tidak saja menjadi sandaran dan sumber, tapi sekaligus menjadi perintah dan orientasi kehidupan. Belajar mengikuti apa yang dilakukan para generasi pertama Islam. Sami'na wa atha'na. Kami mendengar dan kami taat. 

Misalnya larangan khamar, maupun aurat bagi perempuan. Sikap itu mengantarkan generasi awal itu sebagai generasi emas, generasi pilihan. Mereka unggul dalam ilmu. Mereka paling depan soal amal. Mereka paling luhur dalam akhlak dan kebajikan.

Karena tujuan ilmu adalah untuk memperbaiki kualitas hidup, amal dan menjernihkan pandangan, serta arah kehidupan. Sikap kita pada ilmu, tentu akan menentukan segalanya. Mudah-mudahan mampu mengubah diri kita menjadi hidup bermanfaat, dan sebuah kekuatan yang menyelamatkan kita di dunia dan Akhirat. Wallahu a'lam. *