Peringatan! -->

Advertisement

Peringatan!

Admin
Minggu, 22 Juli 2018

Ilustrasi 
Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam telah memberikan perumpamaan kepada kita tentang kondisi beberapa golongan orang-orang yang melakukan dosa besar dan mereka yang berbuat durhaka melakukan berbagai perbuatan dosa dan kekejian, meskipun mereka tetap muslim, dan bagaimana keadaan mereka kelak. 

Pertama, orang-orang sombong. Mereka akan dikumpulkan pada hari kiamat seperti debu beterbangan yang diinjak-injak oleh ribuan kaki makhluk karena kehinaan dan kerendahan mereka. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari kiamat, orang-orang yang sombong bagaikan debu beterbangan yang diinjak oleh kaki-kaki semua makhluk." (HR. Turmuzi). 

Ia mengatakan, "Hadis ini adalah hasan shahih." Mereka adalah orang-orang yang menyombongkan diri kepada Allah SWT dan kepada hamba-hamba-Nya, mereka memuja-muja kesombongan dan kecongkakan mereka, sedangkan mereka tidak menyadari bahwa mereka dengan hamba-hamba Allah Subhanahu Wata'ala yang lain adalah sama di hadapan-Nya.

Kedua, Pemakan Riba. Mereka dikumpulkan seperti orang-orang gila karena mereka memakan riba. "Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. 

Barang siapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah, Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah 275). Inilah keadaan mereka di padang mahsyar kelak. Allah SWT telah mengancam mereka dengan siksaan yang amat pedih dan memuliakan pada hari kiamat. Allah SWT dan Rasul-Nya telah menyatakan perang terhadap mereka, baik di dunia maupun di akhirat.

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertawakallah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang beriman. Jika kamu tidak melaksanakannya, maka umumkanlah perang dari Allah dan Rasul-Nya... (Al-Baqarah ayat 278-279). Lalu bagaimana perjalanan akhir orang yang dinyatakan Allah SWT termasuk dalam firman ini? Orang-orang yang meminta-minta kepada orang lain, padahal ia tidak membutuhkannya. Mereka akan dikumpulkan pada hari kiamat dengan muka yang tidak ditempeli sepotong daging pun. 

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda, "Seorang terus meminta-minta kepada orang lain hingga ia akan datang di hari kiamat dengan tanpa sepotong daging pun melekat di wajahnya." (HR. Bukhari dan Muslim). Kemudian orang-orang yang enggan mengeluarkan zakat, yang tidak menunaikan hak Allah SWT dan hak orang lain atas harta mereka, sebagaimana dalam firman-Nya, Al-Qur'an surah Al-Imran ayat 180.

Allah SWT akan mengumpulkan mereka di hari kiamat dengan memikul harta-harta yang tidak mereka keluarkan zakatnya, baik zakat harta maupun binatang ternak, dan mereka akan mendapatkan siksa yang menyakitkan.

Berikutnya peringatan kepada orang-orang yang membawa dosa-dosa kezaliman dan pengkhianatan, QS. Al-An'am ayat 31,  QS. Ali-Imran ayat 161. Selanjutnya peringatan kepada orang-orang yang tidak adil terhadap istri-istrinya. Diriwayatkan dari para pemilik As-Sunnan dari Abu Hurairah r.a Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang mempunyai dua istri dan tidak berlaku adil terhadap keduanya, maka ia akan datang pada hari kiamat dengan bagian tubuh yang condong. (HR. Turmudzi dan Abu Daud). Wallahu a'lam. Subhanakal lahumma wa bihamdika...*