Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Juara Matematika Tingkat Dunia di Bulgaria -->

Advertisement

Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Juara Matematika Tingkat Dunia di Bulgaria

Admin
Minggu, 29 Juli 2018

Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di ajang IPhO / Istimewa
JCS - Pelajar dan Mahasiswa Indonesia berhasil meraih medali emas dalam olimpiade fisika dan kompetisi matematika Internasional. Untuk ajang IPhO alias olimpiade Fisika tingkat SMA digelar di Lisbon, Portugal. 

Sedangkan kompetisi Matematika tingkat SMA di Bulgaria, 23-29 Juli 2018. Medali emas Matematika diraih Johanes Suhardo dari SMAK Frateran Surabaya, medali perak dipetik Jeson Jovi Brata siswa SMAK BPK Penabur Jakarta dan medali perunggu oleh Ahmad Aufar Thariq pelajar SMA Semesta BBS Semarang, Bryant Juspi SMA Darma Yudha Pekan Baru, dan Rathya Adhidarma Nugraha SMAN I Yogyakarta. 

"Ini bukti prestasi pelajar Indonesia. Ternyata, pelajar kita memiliki kualitas yang sejajar dengan pelajar lain di dunia," kata Duta Besar (Dubes) RI untuk Portugal Ibnu Wahyutomo dikutif Antara, Minggu (29/7/2018).

Dari 87 negara yang mengikuti IPhO, 17 negara meraih medali emas. 11 dari 87 negara merupakan utusan peserta dari negara Asia, empat dari negara Eropa, masing-masing satu orang dari AS, dan Australia. Dalam kompetisi eksak ini boleh mengirim lima perwakilan siswa dari setiap negara. Untuk peserta IPhO Indonesia, sebelumnya dipilih (seleksi) dengan super ketat. 

Selanjutnya, untuk kompetisi ilmu Matematika tingkat Mahasiswa digelar di Amerika University in Bulgaria (AUBG) di Blagoevgrad, 22-28 Juli 2018. Walhasil, medali emas Kompetisi Matematika Internasional (IMC) diraih oleh Mahasiswa ITB Jawa Barat bernama Bima Adityarahman Wira Putra.

KBRI, Sofira di Bulgaria mengatakan kompetisi tersebut diikuti sekitar 351 peserta dari 50 negara. Sedang peraih perak adalah Rio Fandi Dianco dari UI. Peraih perunggu oleh Hapein Christoren Tang Mahasiswa ITB, serta Alzimma Badril Umam dan Adivan Wiradinata dari UGM. Soal-soal yang dikerjakan adalah Aljabar, Analisa, Geometri dan Combinatorics. (tas/rus/ant).