Kudapan Mantap Nasi dan Baso Khas Solo Mayak Cibeber -->

Advertisement

Kudapan Mantap Nasi dan Baso Khas Solo Mayak Cibeber

Admin
Kamis, 05 Juli 2018

Rumah Makan Ayam Bakar Sederhana Khas Solo
JCS - Nama kuliner Solo cukup terkenal. Pertama, mungkin orang nomor satu Indonesia asal Solo. Putra Presiden Jokowi juga ahli ketring.

Kedua, Solo memiliki destinasi Bengawan Solo. Ketiga, orang-orang jawa Solo punya mental kuat. Misalnya saat mereka berada diperantauan buka usaha atau bekerja atau dagang. Bayangkan hampir setiap kabupaten kota, bahkan sampai ke desa-desa suku jawa Solo selalu ada.

Maka mental orang-orang jawa khususnya Solo luar biasa. Terutama stelan satu porsi terdiri dari nasi daging ayam lalab dan sambel. Juga baso khas Solo.

Jadi, jika anda ingin kuliner khas Solo bisa pergi ke Solo. Tapi percuma terlalu jauh karena jarak tempuh Cianjur-Kota Solo memakan waktu satu sekitar 24 jam jika lewat darat.

Nah sekarang kalau anda ingin kuliner khas Solo tak usah jauh-jauh otw ke Kota Solo, cukup pergi ke Mayak Cibeber. Di sana ada Baso dan Nasi Khas Solo, tepatnya perapatan perumahan Mayak Cibeber.

Menurut salah seorang pelayan kuliner tersebut, Haryono (32) harga satu porsi makan Rp. 17 ribu. Untuk satu mangkok baso Rp. 12 ribu. "Selain itu ada jajanan jus buah, sirop dan lainnya," kata Haryono, Rabu (4/7/2018).

Saat ini, sambung Haryono ada delapan karyawan di kuliner baso dan nasi khas Solo. "Pusatnya sih di Solo Jawa Tengah. Tapi kami punya beberapa cabang usaha yang sama. Untuk lebih jelas bisa tanya sama si bos, tapi sekarang beliau lagi di Solo," tuturnya.

Lebih lanjut Haryono mengaku buka usaha ini sudah belasan tahun di Cibeber. Adapun bahan baku untuk kedua menu inti mudah didapat karena tiap hari dikirim dari pasar Induk Cianjur.

Misalnya daging ayam untuk santapan menu nasi. Juga daging sapi untuk baso. Semua dari Pasar Induk Cianjur. "Kami buka dari pagi sampai malam. Alhamdulillah tiap hari banyak dikunjungi mereka yang menikmati menu hidangan kami," ujarnya.

Sementara itu, Asep (45) warga Sukasirna Leles yang sedang nyantap nasi khas Solo di sana mengaku enak makan di sini. Harganya murah lagi cuma Rp. 17 ribu. "Tapi kalau sekalian ke Cianjur saja," ucapnya.

Karena itu, bagi anda terutama warga Cianjur selatan saat melewati Mayak bisa mampir ke kuliner tersebut di samping kiri jalan Raya Cibeber-Cianjur. Banyak menu lainnya sebagai kudapan mantap disaat anda lelah di perjalanan. (tas).