Bugel Laut Kidul -->

Advertisement

Bugel Laut Kidul

Admin
Selasa, 24 Juli 2018

Ilustrasi 
JCS - Gelombang tinggi dan tiupan angin kencang kini melanda pantai Jabar selatan. Bugel atau ombak laut yang tinggi di pantai Cianjur selatan ini ditandai dengan naiknya air laut sisi basisir yang belakangan ini jarang ditembus air. 

Menurut tukang nganco (pelintar) ikan di kali Cidahon, Evi (45), dirinya memperkirakan air laut tersebut naik ke dataran pinggir laut karena didorong badai laut sehingga ombak besar meluap ke sungai-sungai yang berdekatan dengan pantai Selatan ini, seperti tumpah ke kali Cidahon dan Muara Cisokan. "Memang nuju musim ikan laut dan udang. Tapi ayeuna laut nuju bugel, angin laut oge nuju tarik," kata Evi (43) yang biasa lintar di kali Cidahon, Senin (23/7/2018).

Sementara itu, menurut perhitungan BMKG dan BPBD Jabar bahwa gelombang pantai selatan sedang tinggi. Karena itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menghimbau para nelayan untuk tidak melaut disaat cuaca ekstrem, dan juga para wisatawan untuk berhati-hati ketika berkunjung ke pantai ini mengingat cuaca dan gelombang laut sedang tinggi. BPBD Cianjur juga melakukan koordinasi dengan BMKG Jabar dan BPBD Jabar untuk memastikan perkembangan gelombang laut tersebut. 

"Kami terus memantau perkembangan pantai Cianjur selatan untuk memastikan kondisi gelombang laut. Kami menghimbau agar wisatawan jangan dulu mendekat pantai selatan," kata Sekretaris BPBD Cianjur Sugeng Suprianto, Senin. (tas).