Apa Kabar Yahoo Massenger? -->

Advertisement

Apa Kabar Yahoo Massenger?

Admin
Minggu, 22 Juli 2018

Ilustrasi 
JCS - Bagi pembaca JCS angkatan 90-an pasti ingat aplikasi Chatting dari Yahoo! Messenger (YM). YM banyak digunakan oleh masyarakat dunia kala itu. Tetapi pada tanggal 17 Juli 2018 aplikasi tersebut ditutup. Kini Yahoo sedang fokus membangun alat komunikasi model zaman now (baru) yang lebih ajib (menarik-red), dan lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Meski belakangan ini sudah lebih dari satu miliar pengguna yahoo. "Ya, betul banyak sekali penggemar setia Yahoo! Messenger. Itu sejak awal sebagai salah satu aplikasi obrolan pertama dari jenis lainnya," tutur Yahoo dalam siaran persnya, Sabtu.

Akhirnya, layanan pesan instan itu ditutup. Berikut alasan YM! Karena YM sebagai salah satu pencipta aplikasi pesan instan pertama yang berjalan sekitar 20 tahun. YM dihentikan setelah berjuang dan bersaing dengan aplikasi modern seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan Sanpchat. 

Itu alasan pertama. Kedua, pada tahun 1998, YM diluncurkan dengan nama Yahoo Pagar. Ini cukup ngetren di era 90-an. Meski YM tidak memiliki beberapa fitur sebagai pesaingnya, tapi YM tetap ngetop (populer-red) selama bertahun-tahun.

Alasan ketiga, karena YM punya banyak tawaran fasilitas. Bahkan, sejak munculnya YM tersedia dengan gratis, asal sudah punya Yahoo! ID. Pengguna ID ini mempermudah pengguna bisa langsung diberitakan bila sudah berhasil. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC-PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, webcam hosting, teks message service, dan chat room. 

Keempat, pernah populer dikalangan pedagang minyak dan komoditas di akhir tahun 90-an, juga para pemilik warnet. Termasuk Blackberry (BB). Karena ada layanan gratis, mudah digunakan dan menjadi komunikasi utama mereka. 

Bahkan sejak versi lama YM 2016 dihentikan, para mitra YM sudah menyuarakan keprihatinan mereka tentang runtuhnya aplikasi pada saat itu. Kini Yahoo siap-siap meluncurkan aplikasi sebagai terobosan terbarunya untuk anda. (rus/tas).