Wudhu -->

Advertisement

Wudhu

Admin
Selasa, 19 Juni 2018

Ilustrasi 
Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berwudhu dalam keadaan masih suci (belum batal), maka Allah akan mencatat baginya sepuluh kebaikan." Nabi SAW telah bersabda, "Wudhu di atas wudhu yang lain (berwudhu lagi saat belum hadas) kedudukannya sama dengan cahaya di atas cahaya." Semua dalil tentang wudhu ini menunjukkan anjuran untuk memperbaharui wudhu. Nabi Muhammad SAW telah bersabda, "Apabila seseorang hamba yang muslim berwudhu dan berkumur, maka keluarlah semua dosa dari mulutnya. 

Apabila melakukan istintsar (membersihakn lobang hidung dengan air), maka keluarlah semua dosa dari hidungnya. Apabila membasuh wajahnya, maka keluarlah semua dosa dari wajahnya, sehingga keluar melalui kelopak kedua matanya. Apabila membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dosa-dosa dari kedua tangannya, sehingga keluar bagian bawah semua kukunya. Apabila mengusap kepalanya, maka keluarlah dosa-dosa dari kepalanya, sehingga keluar melalui bagian bawah kedua telinganya.

Dan apabila membasuh kedua kakinya, maka keluarlah dosa-dosa dari kedua kakinya itu, kemudian berjalanannya ke masjid dan salatnya merupakan ibadah sunat baginya. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sesungguhnya orang yang suci sama kedudukannya dengan orang yang berpuasa. 

Nabi Muhammad SAW telah bersabda, "Barang siapa yang berwudhu dan melakukannya dengan baik, sesudah itu ia arahkan pandangannya ke langit dan mengucapkan: Asyhadu anlaa ilaaha illal lahu wahdahu laa syarika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa ra suluhu; Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata tiada sekutu bagi-Ny, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya." Niscaya akan dibukakan baginya delapan buah pintu surga, ia dapat memasukinya dari mana pun yang disukainya. 

Karena itu para pembaca JCS yang dirahmati Allah SWT, mari pelihara dan perbaiki wudhu kita, agar dimana pun kita tetap qana'ah dan istiqomah. Mudah-mudahan Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita. Wallahu a'lam. Subhanakal lahumma wa bihamdika...*