Tips Mungusir Ular -->

Advertisement

Tips Mungusir Ular

Admin
Selasa, 19 Juni 2018

Ilustrasi 
JCS - Belakangan ini pernah heboh kejadian ular piton memangsa manusia. Ular tersebut sangat besar dan panjang; hidup dekat dengan manusia tepatnya di salah satu kebun. Bahkan dua kejadian ular pemakan manusia telah terjadi di Indonesia. 

Pertama, tewasnya Akbar bin Ramli (25). Akbar tewas mengenaskan dimangsa ular Piton raksasa di kebun Mamuju Sulawesi Barat. Kedua, merupakan kejadian yang paling baru, adalah seorang ibu Wa Tiba, tewas dimangsa ular jenis sanca bodo (jumbo) di Kebun Muna Sulawesi Tenggara. 

Nah, agar ular-ular tidak masuk rumah, baik ular kecil maupun ular besar. Berikut ini tips-tips mengusir ular: 
Pertama, karena ular juga makhluk, maka tak ada bedanya dengan makhluk hidup lainnya. Mereka datang hanya untuk mencari makanan atau ingin tinggal di posisi yang aman. Sehingga langkah yang harus kamu lakukan supaya ular tidak datang ke rumah, yakni mengenali apa yang kira-kira membuat si ular itu bisa masuk ke rumah. Biasanya ular suka pada tempat yang kumuh, tumpukkan batu yang menganga, adanya lobang tanah, atau di semak-semak belukar. Ini bisa mengundang ular lantaran ada tempat tinggal yang aman. Bila kondisi demikian, sebaiknya ditata dengan baik (dibersihkan-red), yang penting ular tidak merasa aman di seputar rumah anda. Sisa pakan hewan atau burung peliharaan bahkan termasuk remeh-remeh di dapur, ini justru dapat mengundang ular datang. Karena ular sangat menyukai semak belukar dan tempat yang kotor. 
Kedua, periksalah lawang rumah yang bisa dijadikan pintu masuk ular. 
Ketiga, ular tidak takut garam. Itu mitos. Ini cukup penting lantaran banyak orang percaya bahwa tempat ditaburi garam bisa mencegah ular masuk rumah. Ular tidak takut garam sebab tubuhnya tidak berlendir. Yang bagus gunakan keset yang terbuat dari injuk. Karena permukaan keset injuk tajam. Ular akan takut jika mendapati tajam-tajam begitu. 
Kempat, gunakan pengusir ular alami; dengan menggunakan campuran minyak kayu manis atau minyak cengkeh. Nah, campuran minyak cengkeh dan kayu manis dengan 1:1. Kombinasi minyak ini akan memberikan bau yang sangat dan efek panas pada kulit. Ular tak menyukai aroma ini. 
Kelima, pencegahan bisa dengan cara menanam bunga keningker di seputar rumah anda. Tak hanya ular yang benci pada bunga ini, nyamuk pun bisa menjauh. 
Keenam, gunakan jaring kawat. Ini langkah yang bagus untuk dipasang di lingkungan rumah anda, terutama rumah yang dekat dengan pesawahan, hutan, kali aliran air sungai. Pasang jaring kawat di sekeliling rumah dengan tinggi minimal 36 inchi. 
Selain itu, anda harus membersihkan halaman maupun dalam rumah sehingga ular lari dari rumah anda. Satu lagi yang tak kalah dahsyat, yaitu tiap anda malam membaca surah Al-Mulk memanjatkan doa tersebut. Wallahu a'lam. (tas).