Takabur -->

Advertisement

Takabur

Admin
Rabu, 06 Juni 2018

Sikap takabur membawa kesialan dan buruk kesudahannya dan sikap ini merupakan awal dari perbuatan durhaka yang dilakukan oleh iblis, dan karenanya ia dilaknat oleh Allah SWT dan diusir dari surga yang luasnya sama dengan langit dan bumi, kemudian diazab di dalam neraka Sa'ir. 

Dalam Hadis Qudsi: Kebesaran bagaikan selendang-Ku dan Keagungan bagaikan kain-Ku, maka barang siapa yang menyaingi-Ku pada salah satu di antara keduanya, niscaya Aku akan mengazabnya tanpa perduli. Orang-orang yang takabur akan dihimpun bagaikan semut yang paling kecil dalam rupa laki-laki, mereka diselimuti oleh kehinaan dari segala penjuru dan diberi minum dengan thinatul khanal, yakni ahli keringat ahli neraka.

Rasulullah SAW bersabda: Ada tiga macam orang yang Allah tidak mau berbicara dengan mereka pada hari kiamat nanti dan tidak pula memandang mereka sedangkan bagi mereka azab yang pedih, yaitu: lelaki tua yang berzina, raja yang zalim, dan orang miskin yang sombong. 

Diriwayatkan dari 'Umar ra bahwa ia membaca firmanNya: Dan apabila dikatakan kepadanya, "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkan berbuat dosa. (Al-Baqarah 206). Wallahu a'lam.