Puskesmas Agrabinta Mendapat Kunjungan Sekjen Menkes RI -->

Advertisement

Puskesmas Agrabinta Mendapat Kunjungan Sekjen Menkes RI

Admin
Rabu, 20 Juni 2018

Kunjungan Kemenkes ke Puskesmas Agrabinta / @KemenkesRI
JCS - Puskesmas Agrabinta satu-satunya kantor pelayanan kesehatan masyarakat yang mendapat kunjungan dari Sekjen Kementerian Kesehatan RI, atau orang kedua Menkes Nila F Moeloek. Sekjen Kementerian Kesehatan RI tersebut yaitu Untung Suseno Sutarjo bersama rombongan, Selasa (12/6/2018). 

Keterangan yang didapatkan JCS, Rabu (20/6/2018) menyebutkan, selain Sekjen Kemenkes hadir pula Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo bersama jajaran sebanyak 20 orang menggunakan dua bus seperempat dan satu mobil pengawal (kepolisian) langsung dari Jakarta. Pada kesempatan tersebut hadir di Puskesmas Agrabinta, yaitu jajaran Dinas Kesehatan Cianjur, lima kabid kesehatan dari Provinsi Jabar, dan pemerintahan setempat. Kunjungan pejabat kesehatan pusat ke Pusekesmas Agrabinta setelah monitoring sejumlah kantor pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi, di Pelabuhan Ratu Kab. Sukabumi, Puskesmas Jampang Kulon.

Sebelumnya, Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo bersama rombongan dengan tiga mobil itu berangkat dari Jakarta Senin pagi (11/6/2018) menuju Kota Sukabumi guna melakukan tugasnya, lalu istirahat di Pelabuhan Ratu. Selanjutnya kegiatan sesuai jadwal kerjanya, dua hari setelah Lebaran, 

Selasa pagi dari Pelabuhan Ratu bertolak menuju Puskesmas Jampang Kulon, hingga tiba Puskesmas Agrabinta sekitar jam 10.00 WIB. Sekjen Kemenkes lawatan ke daerah dalam rangka monitoring terkait capaian program kesehatan tahun 2017, dan rencana 2018. 

Selain itu, memantau program Kemenkes yang sudah bergulir ke masing-masing puskesmas Kabupaten Kota di Indonesia, di antaranya tentang meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program yang telah dirancang pada 2017, yakni salah satunya Jaminan Kesehatan Nasional, dan tahun 2017 pemerintah telah meningkatkan sarana dan prasarana tingkat primer sebanyak 375 rehab puskesmas dan 750 pembangunan gedung puskesmas di Indonesia.

Kepala Puskesmas Agrabinta Ruslan Abdul Gani kepada JCS membenarkan kunjungan dari Kemenkes RI. "Iya, tapi ibu Menteri Kesehatan bu Nilla F Moeloek tidak hadir, yang hadir diantaranya pak Sekejen Kemenkes dan rombongan," kata Ruslan usai melakukan kegiatannya di Agrabinta, Rabu (20/6/2018). 

Ruslan bersama seluruh jajaran, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada rombongan dari Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Jabar, Dinas Kesehatan Kab. Cianjur yang telah berkunjung ke Puskesmas Agrabinta. "Saya dan beberapa orang petugas kesehatan, apalagi bagian administrasi, ditanya seputar pelayanan kepada masyarakat, administrasi lalu lihat-lihat ruang obat di lantai atas, juga melihat dalam dan luar bangunan.

Alhamdulillah kami dapat menjawab cukup lancar. Setelah itu, beliau dan rombongan pulang ke Jakarta lewat Sindangbarang-Cianjur," beber Ruslan yang juga mantan Kepala Puskesmas Leles itu. (tas).