Pantai Lugina Menjadi Tujuan Pemudik. Pramuka, PMR dan Polisi Agra Siaga Membantu Mereka -->

Advertisement

Pantai Lugina Menjadi Tujuan Pemudik. Pramuka, PMR dan Polisi Agra Siaga Membantu Mereka

Admin
Sabtu, 16 Juni 2018

Pantai Lugina / IG:alawimuhammad
JCS - Sejumlah obyek wisata pantai di Cianjur selatan menjadi tujuan hiburan masyarakat di suasana lebaran tahun ini. Pantauan JCS, Jumat siang (15/6/2018), orang-orang yang didominasi anak-anak baru gede (abg) menyerbu lokasi pantai Lugina Desa Wanasari Kecamatan Agrabinta, pantai Apra, Sereg Sindangbarang; dan menuju pantai Jayanti Kecamatan Cidaun. 

Mereka hanya sebagian kecil menggunakan mobil. Terpantau dari pertigaan Lugina, tepatnya di sudut lintang selatan lapang Pasir Bayur Agrabinta terlihat belasan pasukan Pramuka (Siswa) dan beberapa anggota Polsek Agrabinta berjaga, mengatur dan mengarahkan rombongan kendaraan yang ramai melintasi jalur Jabar selatan ini. Kendaraan yang didominasi oleh roda dua itu justru lebih banyak yang masuk ke arah pantai Lugina, Jumat siang.

Tapi ada yang ironis, jarak jalan menuju pantai Lugina dari perapatan Pasir Bayur sekitar 7 km itu, memang betul ada peningkatan perbaikan kondisi jalan yang semula berkoral total dan rusak. Namun saat ini sedikit dibeton sekitar 900 meter. Dibeton dari awal perapatan Pasir Bayur saja. Sedangkan ruas jalan selanjutnya sampai pantai Lugina tetap saja rusak berat menyedihkan. 

Kendati begitu, warga yang merindukan destinasi pantai Lugina tak membatalkan niat ingin liburan, meski mereka sudah lewat jalan beton yang sedikit itu. Bahkan mereka tak jarang kembes ban dan mogok gara-gara jalan rusak. "Aku baru main ke Lugina lagi. Dulu sih pernah ketika saya masih sekolah SD," kata Rina diamini Zamilah warga Kp. Cibeureum Agra, di warung sana, yang mengaku baru pulang mudik (kerja) di kota Bogor. Mereka kembali memacu motor metiknya dan siap mengarungi kondisi jalan terjal kawasan kebun karet tersebut.

Pengurus Mabigus Pramuka Agrabinta Dili S.Pd, pihaknya bersama jajaran anggota pramuka membantu para pengemudi baik yang menuju Lugina maupun arus kendaraan menuju Bojongterong. "Kami memprediksi cukup banyaknya kendaraan yang melintas jalur ini sampai tujuh hari setelah lebaran," ujarnya.

Pramuka dan Polsek Agrabinta, lanjut Dili, akan senantiasa membantu mereka bila mengalami keluhan di jalan. "Pramuka Agrabinta dan Polsek Agrabinta tetap siaga membantu para pengemudi yang melintas di jalur ini," pungkasnya. (tas).