Muara Cikaso Memiliki Keindahan Natural -->

Advertisement

Muara Cikaso Memiliki Keindahan Natural

Admin
Sabtu, 16 Juni 2018

Muara Cikaso / Dulnirdifari1114
JCS - Muara Cikaso terletak di Kp. Muara Indah, Desa Buniasih, Kecamatan Tegal Buleud Kab. Sukabumi. Ini merupakan satu-satunya wahana atau destinasi wisata pantai Sukabumi selatan yang memiliki keindahan natural.

Ramai dikunjungi wisatawan di hari kedua setelah Lebaran, atau H+2. Jika sedikit mengutik sekapur sirih Muara Cikaso, kata Ma Oom pemilik warung di sana, disebut kesik urug karena ada pasir buatan, padahal 'dikukuy' pake alat berat seperti loder dan beko pada tahun 2006/2007 lalu. "Rame paling hari minggu. Kalau Lebaran di hari kedua dan beberapa hari seterusnya," tuturnya.

Terus kata bu Lastri warga Parung Seah, Sagaranten yang sedang asyik botram di warung bu Oom menyebutkan obyek wisata di Sukabumi selatan memang banyak. Antara lain Mina Jaya, Geo Pak (alun-alun) dan Ujung Genteng. "Kalau ke sananya ada Pelabuhan Ratu. Tapi menurut akumah tujuannya sama aja cuma lihat pantai dan bakar ikan, makan-makan terus pulang. Malamnya badan terasa pegal suka ingin dipijit," ucap Lastri, kocak, sambil makan buceng.

Nampaknya memang bahwa Muara Cikaso kerap dipenuhi masyarakat hendak liburan, hiburan. Mereka datang dari berbagai tempat wilayah belahan Sukabumi selatan dan Cianjur selatan. Namun saat suasana Lebaran, terdapat posko keamanan Polsek Tegalbuleud, kerjasama TNI Koramil Tegalbuleud, Hansip Desa Buniasih dan Ormas. Jadi bila wisatawan ada sesuatu yang perlu ditanyakan bisa langsung menemui petugas yang jaga.
Perahu rekreasi / tas
Muara Cikaso tampak cukup luas. Bila dipandang sejauh mata memandang. Bahkan tak terhingga. Akan tetapi yang menjadi tujuan utama mereka adalah hanya sekedar menghilangkan penat dengan menikmati keindahan. Fasilitas tambahan untuk mereka tersedia belasan congkreng (perahu) layar, dan keusik urug yang menjulur ke arah pantai (laut). Fasilitas penting lainnya, terdapat beberapa mesjid/mushola dan wc. Sehingga mereka yang menikmati keindahan pantai natural ini tak harus meninggalkan shalat.

Hal yang wajar jika di tempat rekreasi harga barang mainan anak, makanan dan minuman beda dengan di warung-warung biasa, seperti harga roko saja naik dua ribu tiga ribu. Di sana, terlihat ada yang mancing; naik perahu layar. Naik perahu ini cuma goceng sesukanya untuk keliling air warna hijau tua Muara Cikaso. Sebelumnya, apabila pengunjung masuk area wisata cukup bayar cuma lima ribu rupiah. (tas).