Tajwid -->

Advertisement

Tajwid

Admin
Kamis, 17 Mei 2018

Tajwid
Segala puji Bagi Allah SWT, Tuhan seru sekalian alam. Salawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang kepadanya diturunkan Al-Qur'an sebagai hidayah bagi seluruh alam. Sebagai umat muslim wajib belajar tajwid Al-Qur'an. Mulai hukum tajwid ikhfa, iqlab, idgam, gunnah, qalqalah; mad dan dasar-dasar lainnya sebelum beranjak kepada kitab berikutnya. 

Karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup kita semua di dunia menuju Akhirat. Peletak ilmu tajwid dari segi praktik adalah Rasulullah SAW. Karena Al-Qur'an turun kepada beliau SAW dari Allah SWT melalui malaikat Jibril AS, lalu para sahabat menerimanya dari beliau SAW, para tabi'in dari para sahabat, dan seterusnya hingga sampai kepada kita secara mutawatir. Adapun peletakannya dari segi kaidah dan masalah-masalah ilmiahnya diperselisihkan, ada yang mengatakan, Abu Aswad ad-Duali. Ada yang mengatakan Abu Ubaid Qasim bin Salam.

Dan ada yang mengatakan slelain mereka. Ilmu tajwid adalah mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya dengan memberikan haknya dan mustahaknya. Yang dimaksud hak huruf adalah sifat asli yang selalu bersamanya seperti sifat al-jabr, isti'la, istifal dan lain sebagainya. Sedangkan yang dimaksud musrahak huruf adalah sifat yang nampak sewaktu-waktu seperti tafkhum, tarqiq, ikhfa dan lain sebagainya. (Tafsir-Kitab Almunir- Imam Nawawi Al Bantany hal 83). Wallahu ta'ala a'lam. Mudah-mudahan Allah SWT selalu memberkahi tiap langkah kebaikan yang kita lakukan. Amiin. Subhanakal lahumma wa bihamdika...*