Pemicu Ujub dan Obatnya -->

Advertisement

Pemicu Ujub dan Obatnya

Admin
Selasa, 29 Mei 2018

Ilustrasi 
Ketahuilah bahwasannya mengobati setiap penyakit adalah melawan penyebabnya dengan sesuatu yang berlawanan dengannya. Penyebab ujub adalah kebodohan murni, yaitu ketidaktahuan manusia tentang dirinya dan Rabbnya. Maka obatnya adalah pengetahuan yang bisa melawan ketidaktahuan tersebut. 

Ujub bisa muncul karena pengetahuan, kekayaan, nasab. Dan semua itu diperoleh berkat anugerah dan karunia Allah SWT. Wa maa bikum min ni'matin faminal lahi: Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu adalah dari Allah (datangnya) (An-Nahl 53).

Selanjutnya, yang dimaksud dengan hasanah adalah nikmat, karunia. Sedangkan yang dimakasud sayya'ah adalah musibah. Sementara nikmat yang paling besar ialah nikmat hidayah dan taufiq untuk mendapatkan ilmu dan amal bermanfaat. Jadi, pemicu timbulnya penyakit ujub adalah kebodohan dan kekufuran terhadap Allah SWT kepada hambaNya. "Sekiranya tidaklah karena karunia Allah dan rahmatNya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorang pun dari kamu bersih selama-lamanya. (An-Nur 21). 

Seberapa pun banyaknya ilmu dan amal yang berhasil dicapai oleh seseorang sesungguhnya tidak bisa membuatnya masuk Surga, kecuali bila Allah SWT menyelimuti dengan rahmatNya. Rasulullah SAW sang pemimpin makhluk dan manusia terbaik-kepada Sahabat-Sahabatmya yang merupakan orang terbaik: "Tidak seorang pun di antara kamu yang bisa selamat oleh amalnya." Mereka bertanya:' Tidak juga engkau, ya Rasulullah?' Beliau menjawab: 'Tidak juga aku. Kecuali Allah berkenan menyelimuti dengan rahmatNya. 

Karena itu jangan terlena banyaknya amal. Karena anda tidak tahu apakah amal anda diterima atau tidak. Dan jangan merasa aman dari dosa. Karena anda tidak tahu apakah dosa anda diampuni atau tidak. Sesungguhnya amal anda/kami semuanya di luar pengetahuan anda. Wallahu a'lam bihs-shawab.*