Keutamaan Ramadhan -->

Advertisement

Keutamaan Ramadhan

Admin
Jumat, 18 Mei 2018

Ramadhan
Firman Allah SWT: Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Al-Baqarah ayat 183). 

Diriwayatkan dari Sa'id ibnu Jabir ra. yang telah mengatakan bahwa puasa orang-orang sebelum kita adalah mulai dari waktu atamah (sepertiga malam yang pertama) sampai malam berikutnya, sebagaimana telah terjadi pada permulaan Islam. Nabi SAW mengatakan, "Apabila malam pertama bulan Ramadhan tiba, dibukalah semua puntu surga, tiada satu puntupun darinya yang tertutup selama sebulan penuh. 

Dan Allah SWT memerintahkan kepada malaikat juru seru untuk menyerukan, "Wahai orang yang mencari kebaikan, menghadaplah. Wahai orang yang mencari kejahatanm hentikanlah." Jadi orang memohon ampun, tentu akan diberikan ampunan baginya. Begitu juga orang yang memunta, tentu akan diberikan permintaannya. Orang bertobat juga akan diterima tobatnya. Malaikat juru seru tiada hentinya mengatakan demikian sampai pajar terbit.

Setiap malam hari raya fitri Allah membebaskan sejuta orang dari neraka, yang sebelumnya telah berhak disiksa. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa yang berpuasa bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap ridha Allah, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa yang terdahulu dan kemudian; setiap amal anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku, Akulah yang akan membalasnya secara langsung." Terlebih lagi bila kamu mengerjakan suatu amalan ibadah yang disandarkan Tuhan Yang Maha Pencipta kepada diri-Nya. Wallahu a'lam.