Keutamaan Membaca dan Menghafal Al-Qur'an -->

Advertisement

Keutamaan Membaca dan Menghafal Al-Qur'an

Admin
Senin, 28 Mei 2018

Ilustrasi 
Dzikir yang paling baik adalah membaca Al-Qur'an. Hal itu disebabkan Al-Qur'an mengandung obat hati. Sebagaimana disebutkan di dalam firman Allah SWT: "Wa nuzzilu minal qurani maa huwa syifaa uw wa rahmatil lilmu'minina: Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Al-Isra': 82). 

Kemudian surah Yunus ayat 57, surah Fathir ayat 29-30. Di dalam ayat-ayat yang sharih (eksplisit) dan hadis-hadis yang sahih (valid) terdapat banyak keterangan yang menyebutkan keutamaan ibadah ini dan keutamaan pelakunya. Utsman bin Affan ra. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda: Sebaik-baik kamu ialah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya. Itu selaras dengan H.R Al-Bukhari (9/66,67) Fadha'ilul Qur'an, At-Tirmidzi (11/32) Tsawabul Qur'an, dan Abu Daud (1439) Ash-Shalat.

Aisyah radhiallahu anha meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang membaca Al-Qur'an sementara ia mahir dalam membacanya, ia akan bersama para Malaikat pencatat amal yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an sementara ia terbata-bata dalam membacanya dan ia merasa berat dalam membaca, ia akan mendapat dua (macam) pahala." (Al-Bukhari 8/691-Muslim 6/84 dan lainnya).

Umar bin Khaththab ra meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya dengan kitab (Al-Qur'an) ini Allah mengangkat derajat banyak kaum dan merendahkan kaum-kaum lainnya." (Muslim 6/98 Shalatul Musafirin). Umamah Al-Bahili ra berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa'at bagi sahabat-sahabatnya. Abdullah bin Mas'ud Nabi SAW bersabda, "Barang siapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an) maka dengan itu ia akan mendapatkan satu kebajikan dan kebajikan itu dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali.

Aku tidak mengatakan bahwa "Alif laam miim" itu saty huruf, tetapi "Alif" satu huruf "Laam" satu huruf dan "Miim" satu huruf." "At-Tirmudzi. Abdullah bin Amr bin Ash SAW meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Akan dikatakan kepada Sahabat Al-Quran: "Bacalah, naiklah dan bacalah dengan jelas sebagaimana membaca di dunia. Karena kedudukanmu pada akhir ayat yang engkau baca." (HR Tirmidzi). Wallahu a'lam. Subhanakal laahumma wa bihamdika... *