Kapan Doa Dikabulkan? -->

Advertisement

Kapan Doa Dikabulkan?

Admin
Rabu, 23 Mei 2018

Ilustrasi 
Di samping ada tata cara, adab, dan aturan berdoa, juga tidak boleh dilupakan doa akan dikabulkan Allah SWT. Adapun berdoa di waktu yang paling baik dengan dihadapkan kepada Allah SWT dengan ikhlas semata-mata hanya kepadaNya. 

Berdoa dengan mendekatkan diri dan merendahkan hati kepadaNya, maka pasti Allah SWT akan mengabulkan permohonan dan doa hamba-Nya. Oleh karena itu, berdoalah di waktu-waktu mustajab seperti malam Lailatul Qodar, sebagaimana hadis Nabi SAW: Barang siapa yang pada malam Lailatul Qodar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan dipersembahkan kepada Allah semata-mata akan diampuni semua dosanya yang sudah maupun yang belum dilakukan". (H.R Ahmad dan Thabrani).

Dan juga riwayat Ummul Mu'minin Aisyah binti Abu Bakar r.a, Rasulullah SAW bersabda: "Ya Allah, Engkau maha pengampun dan suka memberi ampun, ampunilah aku". Ingat, waktu terbaik, agar doa dikabulkan Allah SWT: Ketika akan mengerjakan salat dan setelahnya; selesai mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an, di antara azan dan iqomah, ketika dalam keadaan sujud, serta dalam ikhtidal terakhir; ketika berdoa sepanjang malam, diutamakan sepertiganya, dan juga malam Jumat dalam waktu antara terbit matahari sampai tenggelam matahari, dan di antara khutbah jumat; ketika Zuhur sampai waktu Ashar dan masih banyak lagi. Wallahu a'lam.