Bobot Turun-Bakar Lemak -->

Advertisement

Bobot Turun-Bakar Lemak

Admin
Sabtu, 19 Mei 2018

Ilustrasi 
JCS - Ini perubahan super sehat saat puasa! Pembaca JCS, kita tentu sering mendengarnya ya bahwa puasa akan memberikan manfaat bagi tubuh. Namun tahukah Anda apa saja tuh perubahan yang terjadi pada tubuh yang membuat kita menjadi lebih sehat saat puasa? 

Kewajiban berpuasa selama satu bulan tentu sedikit banyak akan berdampak pada kesehatan tubuh. Sebagian besar perubahan yang terjadi berasal dari perubahan pola makan selama berpuasa. Berikutnya adalah perubahan super sehat terjadi dalam tubuh saat berpuasa. Pertama, pembakaran energi dari lemak lebih banyak. Jika pada hari biasa kita dapat dengan mudah memperoleh energi dari glukosa yang berasal dari makanan yang baru dimakan, lain halnya dengan saat berpuasa. Selama berpuasa selama delapan jam akan membuat glukosa dari makanan yang baru dimakan lebih cepat habis, sehingga tubuh kita akan secara otomatis memecah energi dari sumber energi cadangan lemak yang biasanya tidak bisa dengan mudah digunakan pada hari biasa.

Kini akan digunakan secara terus menerus selama berpuasa. Cadangan lemak dalam tubuh yang dipecah cukup banyak saat puasa akan mendorong metabolisme organ dan sistem tubuh lainnya lebih optimal. Hal inilah yang menjadikan tubuh kita dinilai akan semakin sehat selama puasa. Kedua, penurunan badan secara sehat dan dapat dipertahankan. Penurunan berat badan selama puasa memang telah terbukti oleh berbagai penelitian yang melibatkan cukup banyak warga di berbagai belahan dunia. 

Lazimnya penurunan berat badan selama bulan puasa adalah sebanyak 1,5 kilogram pada laki-laki, dan 0,9 kilogram pada perempuan. Angka ini menunjukkan bahwa penurunan berat badan selama bulan puasa adalah penurunan berat badan yang sesuai dengan prinsip diet yang sehat, yaitu turun maksimal 0,45 kilogram dalam satu minggu. (tas/rus/dokter).