Berkah Ramadhan Dari Olahan Kolang Kaling -->

Advertisement

Berkah Ramadhan Dari Olahan Kolang Kaling

Admin
Senin, 21 Mei 2018

Kolang Kaling
JCS - Bulan Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi sebagian warga Cianjur selatan. Yaitu memanfaatkan buah kawung menjadi bahan makanan (kolang-kaling). Tidak hanya di Desa Warga Sukaluyu Cijati banyak yang rajin mengolah buah caruluk tersebut, tapi hampir di setiap kecamatan ada pengrajin. 

Seperti dilakukan mang Jama dan Asep Oban warga Cikananga yang mencoba memanfaatkan buah kawung. Malum sumber buah tersebut banyak di pojok Cikananga. Mereka mengaku bulan ini berusaha mencari sumber kolang kaling. Menurut mang Jama kalau buah kawung sudah dikumpulkan, ditumpuk lalu dibakar mentah-mentah dengan menggunakan kayu bakar. Lalu diambil dalamaannya dan disimpan di salah satu wadah. 

Meskipun ditambahkan Jama, saat ini belum bisa memenuhi pesanan berjumlah banyak atau dijual ke luar. "Saya baru bisa jual di seputar kampung ini saja dan di masukan ke warung-warung," kata Mang Jama, Senin.

Sedangkan pengrajin di Sukasirna, Sukaluyu Cijati lumayan lebih besar bisa menjual ke kota lewat tengkulak yang datang. Biasanya para pengrajin di Sukasirna ini melibatkan keluarganya atau warga lainnya dalam memproduksi bahan makanan yang terbuat dari buah aren ini. "Tidak hanya orang tua, anak usia sekolah pun turut membantu orang tuanya dalam pengolahan sampai pemesanan agar mendapat tambahan uang," kata Makmud. (tas/rus).