Tawakkal -->

Advertisement

Tawakkal

Admin
Kamis, 05 April 2018

Tawakkal
Firman Allah SWT: "Barang siapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan kebutuhannya." (QS Ath Talaq ayat 3). 

Suatu ketika Rasulullah SAW bersabda di depan para sahabatnya. "Barang siapa yang meminta-minta padahal ia mempunyai apa yang dibutuhkannya, kelak perbuatan itu akan menjelma menjadi lalat atau pencakar yang melukai wajahnya di hari kiamat." (HR Bukhari- Muslim).

Memang saat ini, kita dan negara ini sedang diterpa berbagai banyak krisis. Krisis yang paling sering kita rasakan adalah krisis akhlak dan ekonomi. Dampak krisis ekonomi misalnya telah membuat kita pontang-panting dan kembang kempis menjalani kehidupan.

Satu lagi, menjadi fakir memang aman, tapi kondisi tersebut tidak bisa kita jadikan alasan untuk tidak menjadi dermawan. Kedermawaan tidak dipandang oleh seberapa banyak atau besar yang kita berikan. Sifat dermawan dan selalu lapang dada harus lah kita jaga, karena, "Tangan yang di atas itu lebih baik dari tangan yang di bawah," demikian sabda Rasulullah SAW. (HR Bukhari-Muslim). Wallahu a'lam.*