Taubat -->

Advertisement

Taubat

Admin
Rabu, 04 April 2018

Taubat 
Taubat dari dosa dengan cara kembali kepada jalan Allah Yang Maha Mengetahui perkara ghaib dan Maha Mengampuni dosa adalah jalan yang lurus ditempuh oleh orang-orang yang berjalan menuju Rabb. 

Firman Allah SWT: "Dan barang siapa yang tidak bertaubat maka mereka itulah orang-orang yang zhalim." (QS. Al-Hujuarat ayat 11).

Syarat taubat, apabila dosanya dengan hak Allah, syaratnya ada tiga: menyesal, meninggalkan perbuatan dosa dan bertekad untuk tidak mengulangi. Meninggalkan perbuatan dosa, karena mustahil terjadi taubat sambil melakukan perbuatan dosa. Ketiga, bertekad tidak mengulangi. Namun apabila dosanya berhubungan dengan hak Adam/sesama manusia, orang bertaubat harus memperbaiki apa yang dirusaknya dan meminta kerelaan orang disalahi haknya. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa menguasai hak milik saudaranya secara zalim, hendaklah ia mencari kehalalannya sekarang, sebelum tidak ada lagi dinar dan dirham, kecuali kebajikan dan keburukan." (H.R Bukhari dan At-Tirmidzi). Wallahu a'lam bish-shawab.