Qana'ah -->

Advertisement

Qana'ah

Admin
Kamis, 26 April 2018

Qanaah
Teruslah berusaha dan banyak berdoa. Tanamkan kesabaranmu. Cukuplah sikap qana'ah yang memberimu kekenyangan dan kesegaran. Jadilah kamu seorang laki-laki yang kakinya berada di bumi sedangkan cita-citamu tergantung di atas bintang yang tinggi.

Wahai orang yang mencari rezeki dengan kekuatannya, mustahil kamu mendapatkannya sebab kamu masih menyukai hal-hal yang bathil.

Kamu beri makan hewan-hewan pemangsa bangkai gurun sahara dengan kekuatanmu, padahal lebah dapat menghasilkan madu meskipun lemah.

Dahulu Rasulullah SAW apabila tertimpa kesulitan bersabda kepada keluarganya, "Bangkitlah kalian untuk shalat." Dan beliau bersabda pula, "Aku diperintahkan demikian." Kemudian beliau membaca firman Allah SWT: Wa'mur ahlaka bish shalati washthabir 'alaihaa: Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. (QS. Thaahaa ayat 231).

Aku puas dengan dunia meskipun hanya sesuap makan yang sahaja dan mengenakan baju sederhana, aku tidak menginginkan selain keduanya. Karena aku melihat bahwa masa itu tidak kekal, masa yang kujalani dan usiaku kedua-duanya pasti fana. Wallahu a'lam bish-shawab.*