Keutamaan Jum'at -->

Advertisement

Keutamaan Jum'at

Admin
Kamis, 26 April 2018

Keutamaan Jum'at
Hari Jum'at adalah hari yang agung, Allah SWT mengagungkan Islam dan mengistimewakan kaum muslimin dengan hari Jum'at. Firman Allah SWT: "Apabila diseru menunaikan salat pada hari Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. (QS. Al-Jum'ah ayat 9).

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Anas ra. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jibril as datang kepadaku sedangkan di telapak tangannya terdapat cermin yang putih, lalu berkata, ini adalah hari Jum'at, Rabb telah memfardhukan kepadamu agar menjadi hari raya bagimu dan bagi umatmu sepeninggalanmu." Aku bertanya, "Lalu apa yang ada bagi kami dalam hari ini." Aku bertanya, "Lalu apa yang ada bagi kami dalam hari ini." Jibril menjawab, "Di dalamnya kamu memiliki suatu saat yang paling baik, barangsiapa yang berdoa memohon kebaikan yang telah ditakdirkan untuknya, niscaya Allah akan memberinya kebaikan itu, niscaya akan disimpankan untuknya kebaikan yang lebih besar dari itu. 

Atau seorang meminta perlindungan dari keburukan yang telah ditetapkan atas dirinya, melainkan Allah SWT akan melindunginya dari keburukan yang lebih besar. Hari Jum'at adalah penghulu hari, di kalangan kami (para malaikat), kami menyebutnya di akhirat dengan nama Yamul Mazid (hari tambahan)." Aku (Nabi SAW) bertanya, "Mengapa begitu." Jibril menjawab, "Sesungguhnya Rabbmu telah membuat sebuah lembah yang luas dari minyak misik putih. Apabila datang hari Jumat, maka Allah SWT turun dari Illiyin di atas Kursi-Nya lalu menampakkan diri kepada mereka, sehingga mereka dapat melihat Dzat-Nya yang Mahamulia.

Nabi Muhammad SAW telah bersabda, "Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat, di hari itu Adam as diciptakan, dimasukan ke dalam surga, diturunkan ke bumi, diterima tobatnya, hari kematiannya dan hari kiamat akan terjadi padanya. Hari itu di sisi Allah SWT adalah hari tambahan. Hal yang sama dikatakan oleh para malaikat di langit, dan juga disebut dengan istilah hari melihat Dzat Allah SWT di dalam surga.

Ka'ab telah mengatakan bahwa sesungguhnya Allah SWT telah mengutamakan Mekah di atas kota-kota lainnya, Ramadhan di atas bulan-bulan lainnya, hari Jum'at di atas hari-hari lainnya, dan Lailatul-qadar di atas malam-malam lainnya." Dan dikatakan bahwa sesungguhnya semua burung dan semua serangga bersua satu sama lainnya pada hari Jum'at seraya mengatakan, "Selamat, selamat, ini adalah hari yang baik." Rasulullah SAW telah bersabda, "Barangsiapa yang mati pada hari Jum'at atau malam hari Jum'at, niscaya Allah akan mencatakan baginya pahala orang yang mati syahid dan terbebas dari azab kubur." Wallahu a'lam bish-shawab.*