Amalan dan Do'a Nishfu Sya'ban -->

Advertisement

Amalan dan Do'a Nishfu Sya'ban

Admin
Senin, 30 April 2018

Seperti pembaca JCS ketahui bahwa malam Nishfu Syaban disebut malam hari raya malaikat AS, malam syafaat dan malam ampunan-Nya. Karena itu jangan Anda melepas diri dari Allah SWT. Berbuat yang terbaik kepada orang tua dan menjaga silaturahmi. Riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah melongok hamba-hambaNya pada malam petengahan bulan Sya'ban lalu memberikan ampunan kepada penghuni bumi, kecuali dua orang laki-laki, yaitu orang muysrik dan orang yang mendendam.

Dianjurkan untuk mengamalkan do'a Nishfu Sya'ban, terlebih dahulu melaksanakan shalat sunat dua raka'at (shalat sunat Nishfu Sya'ban). Shalat ini dilakukan setelah menyelesaikan shalat sunah rawatib maghrib. Pada raka'at pertama setelah membaca Al-Faataihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kaafiruun, sedangkan pada raka'at kedua sesudah Al-Faatihah membaca suart Al-Ikhlas, kemudian mengucapkan salam. Setelah shalat selesai, dianjurkan membaca surat Yaasiin sebanyak tiga kali, dengan niat:

Pada bacaan pertama diniatkan untuk memohon usia yang semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Pada bacaan surat Yaasiin yang kedua diniatkan memohon rezeki yang banyak lagi halal untuk bekal ibadah kepada kepada Allah SWT. Pada bacaan Yaasiin yang ketiga diniatkan memohon keteguhan iman. Sesudah mengamalkan hal di atas tadi, dilanjutkan dengan membaca do'a Nishfu Sya'ban. Wallahu a'lam.*