Tahukah Anda Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien? -->

Advertisement

Tahukah Anda Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien?

Admin
Senin, 12 Maret 2018

Ilustrasi
Cara belajar yang efektif dan efisien merupakan cara belajar yang didambakan setiap orang, baik pelajar, anak kuliahan, maupun masyarakat pembaca lainnya.  Kita menginginkan waktu membaca sedikit, lembar bacaan banyak, dan semua materi yang dibaca masuk ke dalam pikiran kita. Betulkan itu yang diinginkan? Atau kita mampu mampu mengingat mata pelajaran yang dijelaskan oleh guru?

Jika jawabannya: Ya, maka mari kita lanjutkan. Hal pertama yang perlu dipahami adalah pembentukan sugesti bahwa setiap materi yang kita baca, hapal, maupun didengarkan akan selalu kita ingat. Ini kunci yang paling utama.

Orang-orang di Negara kita kisahnya sudah melegenda bahkan dijadikan bahan humoris. Pernahkan kita dengar tentang kisah tersebut? Katanya, Andaikan otak orang Indonesia diperjualbelikan di pasar bebas maka otak orang Indonesia harganya paling mahal karena masih bersih isinya. Hanya sekian persen otak yang kita gunakan untuk berpikir dan berhitung. Selain itu, Andaikan otak kita juga ditimbang oleh neraca timbangan otak maka akan berat sebelah. Karena otak yang sebelah telah penuh dengan hura-hura, rekreasi, melamun, kesenangan, main-main, dan seterusnya. Apakah seperti ini potret orang kita.

Tentu tidak, bukan? Mari kita rubah kebiasaan buruk kita. Kebanyakan diantara kita jika di beri nasihat, belajar di kelas, atau hal sejenis lainnya, akan masuk dari telinga kanan dan keluar dari telinga kita. Andai tidak begitu, waktu untuk ingat hanya beberapa detik atau menit. Ada orang yang nyenggol saja sudah lupa.

Kemudian, bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien? Apakah harus membawa setumpuk buku yang berisi segudang catatan? Apakah harus selalu merangkum? Jika seperti itu, tentu sangat berat mengerjakannya, bukan? Kecuali orang yang sudah terbiasa. Setiap siswa memiliki daya dan gaya belajar yang berbeda-beda. Maka daya dan gaya belajar yang khas ini harus di optimalkan.
Cara belajar yang efektif dan efisies diantaranya.
  1. Jika anda hobi membaca buku pelajaran. Caranya adalah baca lembaran demi lembaran secara cepat dan berikan garis bawah pada hal-hal yang penting. Kemudian tutup buku yang Anda baca dan lakukan review terhadap hasil bacaan dengan cara menuliskan hal-hal penting yang Anda baca. Selain itu, agar lebih sempurna hasil bacaan Anda, maka lakukanlah secara lisan di depan cermin. Anggaplah bayangan Anda di cermin adalah audien Anda. Selamat mencoba! 
  2. Jika anda hobi mendengarkan. Caranya adalah dengarkan pembicara, narasumber, atau guru Anda menerangkan dengan seksama. Atau bisa juga sambil membuat catatan kecil kalimat yang menjadi kunci dari pembahasan.  Kemudian di rumah kembangkan catatan kecil tersebut menjadi sebuah tulisan yang bermakna
  3. ika anda hobi menulis. Caranya adalah Anda tidak mesti merangkum semua materi atau menulis semua tulisan yang ada di buku. Yang perlu Anda lakukan cukup menuliskan hal-hal penting saja yang menjadi tema utama dari setiap materi. Kemudian di rumah lakukan pengulangan yang seutuhnya (mereview hasil tulisan).
  4. Jika anda memiliki hobi gabungan. Lakukanlah yang terbaik seperti pada nomer 1-3. Selamat mencoba. (th)