Memperkaya Pengetahuan Siswa Dengan Mengadakan Pelatihan -->

Advertisement

Memperkaya Pengetahuan Siswa Dengan Mengadakan Pelatihan

Admin
Sabtu, 31 Maret 2018

Siswa-siswi SMK Az Zarkasyih sedang mengikuti pelatihan Jurnalistik dan Pembuatan Aplikasi di Android / JCS
JCS - Guna menambah pengetahuan dan membangun budaya menulis di kalangan sekolah, puluhan siswa SMK Az-Zarkasyih Leles, Kab. Cianjur mengikuti pelatihan jurnalistik sekaligus belajar ilmu dasar-dasar mulimedia bersama pemateri yang cukup berpengalaman dibidangnya. Selain itu, para siswa yang terdiri dari kelas X dan XI ini belajar membuat aplikasi di android oleh guru yang berpengalaman di bidangnya. Kegiatan training tersebut dilaksanakan mulai pukul 8:00 WIB sampai selesai di lingkungan sekolah SMK Az-Zarkasyih, Sabtu (30/3/2018).

Kepala Sekolah SMK Az-Zarkasyih Muhammad Gufron Fauzi S.Pd.I, M.Pd mengatakan, kegiatan jurnalistik tujuannya agar mereka mampu meningkatkan kreatifitas siswa dibidang tulis menulis. Untuk multimedia, agar mereka mengenal komputer, kamera dan cara pengambilan gambar yang bagus. Menurut Muhammad Gufron, pelatihan ini diharapkan dapat menjadikan upaya dalam meningkatkan kualitas para siswa. "Ini kesempatan bagi siswa kami untuk bisa mengetahui cara menulis dengan baik," harap Gufron.

Lanjut Gurfron, budaya menulis di kalangan pelajar memang saat ini sedikit mengalami penurunan. Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan jurnalistik dapat memacu siswa melakukan aktifitas menulis. "Kebetulan kami punya web sekolah, dan ada eskul jurnalistik. Jadi setelah mereka mampu menulis kemudian mereka dapat memamnfaatkn fasilitas yang disediakan sekolah," tuturnya.

Dikatan Gufron, yang terpenting bagi mereka adalah harus punya niat menjadi pelajar yang baik. Terlebih mengenal dasar-dasar menulis. Masih dipaparkan Gurfron, kegiatan tersebut tidak dilakukan satu kali, namun secara kontinyu. "Jadi pas eskul mereka punya gambaran bagaimana sih cara menulis tentang pendidikan, kerja kelompok, out bond, pramuka, PMR, dan apapaun kegiatan siswa dapat dikaryakan," terangnya.

Sementara itu, Eni, kelas X jurusan Adminitasi Perkantoran (AP) mengaku senang latihan tersebut. Eni dan teman-temannya berjanji akan eksis latihan. Mereka pun di sekolah tersebut cukup menggemari menulis. "Sepertinya seru sekali kalau aku jadi penulis. Makanya aku ingin belajar mendalami ilmu jurnalistik," imbuh Eni. 
Sesi foto bersama setelah pelatihan / JCS
Hadir tenaga pengajar dan manajemen SMK Az-Zarkasyih Ade willy, Hedi Purwanto SE, Sartanu Arisasmara dan puluhan siswa. Setelah istirahat atau dalam sesi kedua, mereka belajar lagi mulai memahami 5 W 1 H juga mengenal EYD, konsonan vokal, Bahasa Indonesia yang benar. Tak kalah penting belajar memahami UU ITE, UU Prnografi, UU Pers, dan Siber agar ketika mereka terjun di media sosial tidak melanggar aturan yang berlaku. Kegiatan diakhiri dengan selfi bersama di halaman sekolah. (Tas).