Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 -->

Advertisement

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018

Admin
Selasa, 20 Februari 2018

SBMPTN 2018
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 kurang dari tiga bulan lagi. Siswa-siswi SMA/sederajat, sudah mempersiapkan diri menghadapinya? Ujian pelaksanaan SBMPTN 2018 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya yang dibagi menjadi Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK). Biar tidak salah jadwal, kami bagikan beberapa informasi sebagai berikut:

1. Jadwal Seleksi       
Ujian Tulis dilaksanakan pada Selasa, 8 Mei 2018. Sedangkan, ujian keterampilan dilaksanakan pada Rabu dan/atau Jumat, 9 dan/atau 11 Mei 2018. Pendaftaran ujian SBMPTN dilakukan secara online mulai 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. 

2. Peserta Seleksi 
SBMPTN 2018 bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan 2016, 2017 dan 2018 dari SMA/Sederajat dan lulusan paket C. Seperti yang dikutip dari laman sbmptn.ac.id, ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking). Hal tersebut meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum). 

3. Kelompok Seleksi 
Kelompok peserta ujian dibagi menjadi tiga jenis,yaitu kelompok ujian Saintek dengan materi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek). Kedua adalah kelompok ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum). Yang terakhir adalah kelompok ujian campuran  dengan materi TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum. 

4. Materi Ujian 
Materi ujian TKPA terdiri dari mata pelajaran matematika dasar, bahasa indonesia, bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik (TPA) Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural. Untuk TKD Saintek teridiri dari mata pelajaran Matematika, IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan TKD Soshum terdiri atas mata pelajaran Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.   

5. Biaya Seleksi 
Untuk mengikuti SBMPTN ini, peserta dibebankan biaya seleksi sebesar Rp 200.000 dan dibayarkan melalui bank yang sudah ditunjuk oleh penyelenggara SBMPTN yaitu Bank Mandiri, BNI dan BTN.(*)

Sumber Informasi:
www.disdik.jabarprov.go.id