Persaingan Sehat Sekolah -->

Advertisement

Persaingan Sehat Sekolah

Admin
Senin, 18 September 2017

Ilustrasi (Foto: www.siliguritimes.com)

Sindangbarang - Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Cianjur Selatan (IMPACS) memaparkan keberadaan sekolah-sekolah di wilayah Cianjur Selatan cukup mumpuni dalam mempersiapkan kebutuhan masyarakat Cianjur Selatan. “Khususnya dalam bidang pendidikan,” terang Sekretaris IMPACS, Aris Munandar di Sindangbarang, Senin lalu.

Kondisi tersebut dilanjutkan Aris, dapat dilihat seksama, bahwa keberadaan berdirinya sekolah di-semua jenjang atau tingkatan serta rumpun atau jurusan berada di wilayah Cianjur Selatan. IMPACS sendiri, diakui Aris, pihaknya telah melakukan survei ke setiap kecamatan seperti Kecamatan Sindangbarang, Cidaun, Naringgul, Agrabinta, Leles, Kadupandak, Cibinong, Cikadu, Pasirkuda, Pagelaran, Takokak dan daerah lain sudah memiliki sekolah-sekolah mumpuni.

“Hampir setiap kecamatan bahkan termasuk di desa-desa ada sekolahnya. Terutama sekolah dasar, TK atau PAUD ada di desa-desa,” terangnya. Dari penilaian IMPACS yang merupakan hasil sharing dengan sejumlah kepala sekolah, kapusbindik, tokoh masyarakat dan steakholder, menurut dia, kondisi tersebut memberikan peluang dan kesempatan bagi warga desa terutama yang memiliki keterbatasan biaya, mengingat pengalaman tahun-tahun lalu, dikemukakannya, kebanyakan mereka calon siswa yang ingin masuk ke jenjang SMA, Madrasah Aliyah dan SMK harus ke daerah Cianjur kota, namun akhir-akhir ini warga dapat menyekolahkan putra-putrinya di daerah terdekat.


Berdasarkan pantauan Jurnal Cianjur Selatan, akhir-akhir ini terjadi persaingan sehat antar sekolah untuk memacu semangat para peserta didik. Namun disisi lain yang harus menjadi perhatian semua pihak adalah kerap terjadi gesekan antar siswa tingkat SLA sederajat dan SLTP sederajat alias perkelahian pelajar. (**)