Madrasah Aliyah dan SMK IT YAZ Leles Mahir Komputer -->

Advertisement

Madrasah Aliyah dan SMK IT YAZ Leles Mahir Komputer

Admin
Selasa, 26 September 2017

Siswa Siswi Madrasah Aliyah Leles (Foto: JCS)

JCS - Untuk menjawab tantangan di-era milenium mendatang, dimana persaingan disegala bidang tak bisa terelakan, termasuk kompetensi bidang dunia pendidikan, bisnis (usaha) dan sektor lainnya. Kondisi tersebut, mau tidak mau masyarakat harus peka terhadap tuntutan dan perkembangan zaman, lebih-lebih tantangan para pelajar dan generasi muda yang serba komputerisasi dan internet.

Oleh karena itu, para pelajar tingkat SMA/SMK harus mengenal dan cerdas menggunakan komputer dan internet dengan bijak. Sebab, bila mereka tidak memahami komputer, termasuk handphone android, maupun fasilitas internet setidaknya akan ketinggalan zaman serta bisa terjebak permasalahan akibat tidak tahu etika main internet, seiring lahirnya Undang-Undang IT dan Pornografi saat ini.

Terkait itu, ratusan siswa yang tergabung Madrasah Aliyah Leles dan SMK IT Yayasan Az-Zarkasyih Leles tidak mau ketinggalan zaman. Dari pantauan Jurnal Cianjur Selatan, sedikitnya 500 siswa dilatih mengoperasikan komputer dan perangkat pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi bertempat di ruangan komputer sekolah Madrasah Aliyah Leles, Selasa lalu.

Kursus komputer siswa-siswi Madrasah Aliyah Leles dan SMK IT Yayasan Az-Zarkasyih dididik bersama tenaga ahli komputer dan jaringan internet dibidangnya, para siswa Aliyah dan SMK IT tampak sibuk belajar mulai pengenalan komputer, keyboard, pengenalan windows, pembuatan dokumen, editing, bullet and numbering atau mengenal syimbol dan penomoran, drawing/langkah-langkah membuat gambar, footnote dan endonote atau fasilitas yang ada di Ms. Word serta membuat informasi mengenai suatu tofik.

Beberapa siswa Aliyah kelas IPS 1,2 dan 3, Sastri, Dewi, Nurhanifah, Saidul Hak, Sri Nurlatin, Herlina, Irfan, begitu pula kelas IPA, kelas 1 dan tiga, juga para siswa siswi SMK IT antusias belajar komputer dan jaringan internet, mengingat fasilitas tersebut jarang dimiliki oleh sekolah lain di Cianjur Selatan. “Aku senang belajar komputer,” tutur salah seorang siswi Aliyah, Nurhanifah.

Sementara Kepala Sekolah (KS) MAS Leles, Muhamad Rijal Fajari S.T didampingi KS SMK IT, Muhamad Gufron Fauzi S.Pd.i, M.Pd., mengaku bangga dengan semangat siswa. Dia mengatakan, selain mereka aktif berbagai kegiatan ekstrakurikuler, namun untuk pelatihan komputer ini harus diikuti seluruh siswa. “Siswa harus pandai mengoperasikan komputer dan tahu kaidah dunia maya, internet,” pungkasnya. (**).